My Girlfriend is A Gumiho : Perjuangan Cinta Siluman Rubah Ekor Sembilan

Banyak kisah tentang “nine tale fox” alias si rubah ekor sembilan. Yang sangat populer kini adalah serial dan komik “Naruto”, dalam dirinya terdapat sosok dan kekuatan Kyubii atau rubah ekor sembilan. Mungkin masih banyak lainnya yang belum saya tahu. Dan kini saya menemukan salah satu di antaranya, serial drama KOREA “My Girlfriend is A Gumiho” (selanjutnya disingkat MGAG)

Ceritanya, beberapa minggu lalu di bulan Oktober, saya cari-cari  film baru di pusat DVD bajakan Kota Kembang, Bandung (he.. he.. belum mampu beli yang asli nih.. tapi kalo beli kata penjualnya “Ini udah ori”, maksudnya original, berarti asli khan.. :D..), eh enggak sengaja saya nemu film Korea, kayaknya serial gitu deh. Saya cuma liat cover depannya aja. Judulnya “My girlfriend is A Gumiho”. Gumiho apaan, kagak ngarti saya.. Tapi saya nggak beli..

Beberapa hari kemudian, Fuady`s family (me, my wife & Z) pergi ke Rancabolang. Kebetulan di situ ada kios DVD bajakan juga.. (Kalo beli lima bonus satu.. he.. he..) Ternyata ada serial Korea yang saya lihat di kota Kombang. Istri saya baca sinopsisnya, trus dia bilang, “Pih, kayaknya ini rame”. Saya baca sinopsisnya, ow.. ow.. ternyata tentang nine tale fox, rubah berekor sembilan. Mitos siluman rubah yang sering dibuat filmnya. Kalo enggak salah tahun 1990-an, Tsui Hark, sutradara kenamaan Hongkong, juga pernah buat film tentang cinta siluman rubah. Judulnya “A Chinese Ghost Story“. Bintangnya Joey Wong dan Leslie Cheung. Ceritanya cukup menyentuh..

A Chinese Ghost Story

Oh ya, Tsui Hark adalah sutradara hebat yang bikin “Kungfu Master”, film tentang legenda Wong Fei Hung. Film yang membuat Jet Li sangat populer. Aktris pendampingnya si cantik Rosamund Kwan Che Lin. Pas saya SMP & SMA sih Rosamund Kwan cantik banget. Enggak tahu apa sekarang udah jadi emak-emak/belum ya.. :D

"Kung Fu Master"

Rosamund Kwan dalam "Kung Fu Master"

Rosamund Kwan yang masih cukup cantik

Kembali ke “MGAG”. Enggak tahu kenapa, pas baca sinopsis serial Korea ini, saya langsung yakin itu genre serial yang saya cukup suka.. Fiksi dan fantasi berbaur dengan bumbu komedi romantis.. :) Saya beli serial 16 episode dalam 3 keping DVD itu.

Saya tonton di rumah, gambar dan teks Inggrisnya bagus. Audionya juga enak didengar, maksudnya kalau nonton jangan lupa ubah mode bahasa China ke Korea. Perasaan enggak banget kalau nonton serial Korea dengan mode bahasa China.. :D

Serial Korea ini genrenya komedi romantis yang dibumbui fantasi. Tentang siluman rubah yang berhasrat menjadi manusia karena jatuh cinta pada pria yang enggak sengaja membebaskannya dari lukisan yang membelenggu selama 500 tahun.

Meski tentang siluman rubah, enggak berarti harus menakutkan dan menyeramkan kayak “Malam Satu Suro”, kisah cinta jelmaan kuntilanak dan manusia, yang diperankan oleh Suzanna dan Fendy Pradhana, yang sempat tampil sebagai Brama Kumbara dalam film “Saur Sepuh”. Serial Korea yang satu ini benar-benar crunchy, renyah kayak kentang goreng tapi membekas. Enggak ada horor atau hantu-hantuan.

Ada sih kemiripan MGAG dengan “White Snake Legend” yang pernah tayang di SCTV tahun 1994-an. Sama-sama mengisahkan cinta sejati siluman dan manusia. Yang beda, di White Snake Legend cintanya antara siluman ular dan manusia. Kisah cinta Pai Su Chen ini kebanyakan magic, sementara MGAG biasa aja, tidak ada unsur magic, mistik, klenik.

Serial mandarin White Snake Legend ini booming banget. Kisahnya agak lebay, tapi penontonnya banyak. Yang diingat penonton saat itu dialog antara Chao Ya Che dengan pasangannya yang di sulih suara dalam bahasa Indonesia, “Suamiku..”.. “Ya, ada apa istriku..”. Meni lebay.. :D Bagaimanapun serial itu sukses sampe akhirnya dibuat versi layar lebar dengan bintang Joey Wong, Maggie Cheung dan Chao Wen Chuo.

 

White Snake Legend a.k.a Siluman Ular Putih

Cao Ya Che

 

Serial “MGAG” setting filmnya modern. Durasi per episodenya panjang banget, tapi bikin penonton betah nonton coz ceritanya bagus dan menghibur. Pemeran utama cewek, Shin Min Ah, tampil sangat menggemaskan. Apalagi saat dia ngomong, “sopo, sopo, sopo, sopo, sopo, cuwa”. Saya nggak tau nulisnya dalam bahasa Korea gimana, pokoknya yang saya denger kayak gitu deh. Yang pasti artinya, “Saya bener bener, bener, bener, bener, bener suka kamu”, sambil menjentikkan dua telunjuknya beberapa kali, tring.. tring.. :D

Shin Min Ah

Shin Min Ah

Kekanak-kanakkannya Shin Min Ah dalam serial itu mengingatkan saya pada sosok Narumi dalam dorama “Ordinary People”. Di Jepang sinepang alias “Sinetron Jepang” ini diberi judul “Ashunaro”. Di Indonesia DVD bajakannya beredar dengan judul “White Book of Love”. Kalo orang Bandung, cari aja di Kota Kembang, di sana ada.. :) Serial ini pernah tayang dua kali di Indosiar tahun 1994 dan 1995. OST Ashunaro,  “True Love” yang dinyanyikan Fuji Fumiya, terkenal banget. Lagu yang sangat keren dan melegenda, minimal untuk saya, he.. he..

Dorama Jepang "Ordinary

Narumi dalam “Ordinary People’ tampil apa adanya, polos, kekanak-kanakkan, sangat menggemaskan dan tergantung banget ama Tamotsu Kakei, cowoknya. Kisah cinta mereka tarik ulur. Shin Min Ah sebagai Mi Ho juga tampil kekanak-kanakan, lugu, menggemaskan dan tergantung juga ama  Cha Tae Woong (Lee Seung Gi). Tae Wong awalnya menganggap Mi Ho teman biasa karena Mi Ho bukan manusia. Lambat laun Tae Wong menyadari bahwa ia mencintai Mi Ho dan rela mati untuknya. Kisah cinta mereka juga tarik ulur.

Endingnya? Andai Hong brothers, si penulis naskah MGAG yang pernah sukses dengan naskah “My Sassy Girl” mengikuti sad ending-nya dorama  “Tokyo Love Story”, niscaya serial Korea ini akhirnya juga bakal menyedihkan. Tentu aja akhir yang menyedihkan dalam film sangat tidak disukai penonton. Untungnya serial MGAG happy ending, meski terasa dipaksakan. Ending-nya kurang tarik ulur seperti episode-episode sebelumnya, jadi kurang greget. Tapi untuk sebuah kisah fantasi, enggak perlu mikir berat, enggak harus logis amat. Yang penting penonton senang.  :D

Dorama "Tokyo Love Story"

Sudah lama enggak nonton serial Korea yang nge-pas dengan hati.. :) Kebiasaan nonton serial Amrik dan Dorama Jepang sih.. :D

Yang pasti “My Girlfriend is A Gumiho” sangat direkomendasikan untuk ditonton.. Bagi yang suka  lagu-lagu Korea, soundtrack di serial ini oke punya.. Klik aja video di bawah.. Selamat MENONTON.. !!!

My Wife is A Gumiho

About these ads

Tentang M.E. Fuady

ME. Fuady adalah dosen Fikom Unisba. Penulis memiliki minat pada banyak hal seperti makanan, tempat kuliner, komik, film, musik, dorama, tokusatsu, ilmu komunikasi, public relations, teknologi komunikasi, agama, mistik, supranatural, dan semuanya berbaur dalam blog IMULTIDIMENSI.
Tulisan ini dipublikasikan di Film. Tandai permalink.

15 Balasan ke My Girlfriend is A Gumiho : Perjuangan Cinta Siluman Rubah Ekor Sembilan

  1. cici berkata:

    syubidubidu rava ya pa =)

  2. awan berkata:

    baru nonton, masi 10 episode.. lainy lum dapet gan!

    emng berapa episode ya?.. penasaran endingnya
    ringan bgd jalan cerita ne serial.. enk liat nya bareng pasangn.. hehehe!!
    greget bgd ma si noona (cew yg rmbut pndek, lupa namanya ^^) pegen sobek2 tu mulutny, kowkowko

    • M.E. Fuady berkata:

      Semuanya 16 episode.. Cuma dikit kok, beda ama sinetron2 kita yang tiada akhir kayak Tersanjung, Cinta Fitri, dkk :D
      Serial ini emang bagus jalan ceritanya, meski kisah Siluman Rubah klise, tapi gaya tuturnya yang keren bikin serial ini assik bgt..

      Ce yang rambut pendek namanya Hye In, kalo ngga salah :)
      Kalo belum dapet sisa episode-nya berarti donlot ya.. ? Selamat donlot :)

  3. antirayap berkata:

    filmnya bagus. suka sama sifat gumiho yang polos dan baik hati….

  4. iycHa berkata:

    stju ban9et tuuuhhh . . . crita’a tuh em9 nyentuh banget. . . bTw film my wife is gumiho itu lanjutan dri film my grilfriend is gumiho ato bkan yaaaa?

  5. Dani berkata:

    saya mau beli dimana kang DVD gominho…. saya Cha Dae Woong nie

  6. natadipura berkata:

    Wah, saya ketinggalan banget nih pak… saya baru nonton kemaren pas muncul di tv.. seruuuuu!!!! butuh influence lagi dong pak, film korea yg kaia gini. :D

  7. http://bing.com berkata:

    I actually want to know exactly why you branded this particular posting, “My Girlfriend is A
    Gumiho : Perjuangan Cinta Siluman Rubah Ekor Sembilan | imultidimensi’s Blog”. Anyway I actually appreciated the post!Regards-Norma

  8. koby berkata:

    baru liat episode 1 di indosiar kemaren rebo akhirnya penasaran ama ceritanya…
    minta 16 episode ke temen cewek…hahahahaha akhirnya nonton juga mpe kelar…
    pandangan orang cowok ga suka k-drama, tapi karna film ini saya lupakan kata2 tmn…

    • M.E. Fuady berkata:

      Banyak yang suka ama K-drama kok.. Pandangan tentang co ga suka K-drama, itu keliru :) Itu cuma persepsi aja… Manusia adalah makhluk yang mencintai seni, budaya dan keindahan.. Drama, baik Korea maupun non Korea, ad. bag dari seni..
      Asal ceritanya berkualitas, pasti kita suka… :)

      Yang sekarang akan booming adalah Gu Family Book..
      Yang maen Li Seung Gi ama Suzy Miss A… Ceritanya oke banget.. Tapi baru tayang 2 episode.. :)

      Kalo Shi Min Ah di Gumiho sangat menggemaskan, Suzy Miss A belum tau kayak gimana.. Kalo cantik, itu sudah pasti.. :D

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s