BEYOND : Kisah Pilu di Balik Kesuksesan Hongkong Rock Band (plus Original MV & Acapella Version)

Pernah merasa hati tersayat saat mendengar sebuah lagu atau video klip? Anda merasa sedih dan belanjut dengan mata berkaca-kaca.. Bila anda teruskan barangkali bisa-bisa wajah anda berlinang air mata. Mungkin anda bilang, “Ihh, lebayy..!!”. “Ih, cengeng.. kayak cewek aja..!!”. Tapi kenyataannya emang lagi itu menyayat, so mo gimana lagi?? Saat berada di keramaian barangkali nggak begitu “ngefek”, coba dengarkan/tonton saat anda sendiri.. Lagu itu terasa “ngefek”, entah karena lagu itu sendiri atau anda memang memiliki kenangan yang khas atas lagu itu..

Beberapa hari ini saya sering memutar kembali lagu dari sebuah rock band asal Hongkong, BEYOND. Sepuluh tahun lalu (2001), saat pertama kali denger, saya merasa lagu ini punya magnet yang kuat :D Lagu ini mirip lagu X Japan yang keluar dari hati, nyentuh, ditambah instrumen piano dan biola.. Jadi emang betul menyayat.. :)

Ngintip info di wikipedia,  tahun 1983, Beyond ini awalnya tidak diterima publik karena musiknya yang sangat cadas. Lalu sang vokalis mereka mengubah aliran musik menjadi romantic rock, musik mereka yang sebelumnya “keras” menjadi cukup “smooth”. Sejak itu lagu-lagu mereka diterima dan banyak menjadi hits. Sebelum 1994 personil mereka adalah:

  • Wong Ka Kui (Koma Wong, Lead Vocal)
  • Wong Ka Keung (Steve Wong, Bassis)
  • Wong Kwon Chung (Paul Wong, Gitaris)
  • Yip Sai Wing (Wing Yip, Drummer)

Tragis, tahun 1993 Wong Ka Kui, tewas saat syuting game show di Tokyo Fuji Television game. Wong Ka Kui terjatuh dari ketinggian 2-3 m karena stage yang diduga licin. Setelah koma seminggu, Ka Kui meninggal dunia.. So Tragic.. Bagi orang Hongkong, kecelakaan yang merenggut nyawa Ka Kui bukan sekedar kehilangan seorang artis, tetapi juga tentang hilangnya “seorang revolusioner” dalam dunia musik.

Mengherankan, apa karena nama populer Wong Ka Kui adalah Koma Wong, itu membuatnya bernasib tragis? “Koma” dalam bahasa Indonesia dan Jepang sama artinya dengan  “Coma” dalam bahasa Inggris. Koma berarti “keadaan tidak sadar sama sekali dan tidak mampu memberi reaksi terhadap suatu rangsangan karena sakit parah”. Nama memang dipercaya dapat mempengaruhi karakter diri, nasib dan masa depan seseorang (ulasan tentang nama klik di sini)   Nama menjadi gambaran diri, visi, dan harapan, juga doa. Pada saat itu media di Jepang memberitakan kalau nama “Koma” yang digunakan ka Kui menjadi sebuah “cursed” atau “kutukan”.

Kembali pada lagu, kita sadari kalau sebuah karya seni yang apresiatif bukan sekedar basa-basi yang mudah datang dan cepat pergi.. easy come and easy go. Sebuah lagu sebagai karya seni adalah curahan hati dan emosi mereka yang menciptakannya. Apa yang mereka rasakan diekspresikan dalam lirik-lirik lagu dan irama yang merepresentasikan perasaan mereka.

Jarang-jarang saya tersentuh oleh sebuah lagu sampai terhanyut dan sangat-sangat berempati pada apa yang dirasakan oleh mereka yang menyanyikannya (alibi :D). Barangkali karena lagu itu memang sangat-sangat dahsyat terasa. Membuat perasaan seolah diaduk-aduk dan berguncang.

Lagu dari Beyond dan instrumennya  menjadi “pesan” yang sangat universal. Tanpa kita tahu apa makna dari lagu itu, kita seolah dapat merasakan goresan-goresan makna yang ada padanya. Instrumen dari lagu, irama dan visualisasi memperkuat pesan verbal dari lirik lagu yang sesungguhnya kata-katanya belum tentu dipahami oleh pendengarnya..

Video klip di bawah ini adalah saat BEYOND kembali menggelar konsernya tahun 1996, tiga tahun setelah kematian Wong Ka Kui. Saat konser, Wong Ka Keung, sang adik menyanyikan lagu Ho Fut Tin Hung (The Boundless Sea and Sky) dengan cucuran air mata.. SO TOUCHING..

Rasa sedih kehilangan sang kakak membuat Ka Keung tak bisa melanjutkan nyanyiannya

When the tear drops..

Nada, ekspresi wajah, kesedihan dan tangisan Wong Ka Keung, sang adik, di video live concert di bawah ini menjadi pesan yang begitu mudah dimengerti karena universalitas maknanya.. Seolah dia berkata, “Kakak, semoga kau tenang dan bahagia di surga sana”.

If you want to listen the other version of “Hoi Fut Tin Hung”, just watch a video from Metro. It`s an acapella version.. So different from the original but still cool.

Hoi Fut Tin Hung (“The Boundless Sea and Sky”)
Song & lyrics: Wong Ka Kui

(Pin Yin Version)

Verse 1
Gum tin ngor, hon yea lui hon shuit piu gwor
Wai jeok lang kap liu dik sum wor piu yuen fong
Fung yue lui, jui gwor
Mou lui fun but ching ying chung
Tin hung hoi fut lei yue ngor, hor wui bin

Sui mut joi bin

Verse 2
Dor siu chi, ying jeok lang ngan yue gau siu
Chung mut yao fong hei gwor sum jung dik lei siong
Yat sat na, fong fat
Yeok yao sor sat dik gum gok
But ji but gok yi bin tam, sum lui ngoi

Sui ming bak ngor

Chorus

Yuen leong ngor jea yat sang but gei fong jung ngoi ji yao
Ya wui pa yao yat tin wui dit dou ohhhhnooo
Pui hei liu lei siong, sui yan dou hor yi
Na wui pa yao yat tin ji lei gung ngor

[Verse 1]

[Chorus]
Ying yin ji yao ji ngor
Weng yuen do cheong ngor dor
Dao bin chin lei

About these ads

Tentang M.E. Fuady

ME. Fuady adalah dosen Fikom Unisba. Penulis memiliki minat pada banyak hal seperti makanan, tempat kuliner, komik, film, musik, dorama, tokusatsu, ilmu komunikasi, public relations, teknologi komunikasi, agama, mistik, supranatural, dan semuanya berbaur dalam blog IMULTIDIMENSI.
Tulisan ini dipublikasikan di Musik, Sosial Politik. Tandai permalink.

53 Balasan ke BEYOND : Kisah Pilu di Balik Kesuksesan Hongkong Rock Band (plus Original MV & Acapella Version)

  1. hung lie berkata:

    mantaf….

    q terkesan dengan blog ini!!!!

  2. andy heru berkata:

    salut dengan apresiasi anda,tidak banyak org indonesia mengenal beyond

  3. Rei Xander Lim berkata:

    Salam kenal untuk mas fuady.
    Saya juga salah satu pengemar beyond dari tahun 1990.
    Saat itu saya masih berumur 5 tahun.
    Lagu pertama kali yg saya dengar berjudul “AMANI”
    dan sampai sekarang saya masih menyukai lagu tersebut.
    Tidak cuma lagu itu, bahkan hampir semua album beyond saya suka.

    Anda benar, tak banyak org yg mengenal mereka.
    Mudah2an dengan ada nya blog ini, org2 bisa menyayati melalaui lagu ini juga :-)

  4. Sev Lee berkata:

    Bro Fuady … Saya adalah salah satu penggemar Beyond juga, saya mengenal lagu-lagu Beyond semenjak 1996. Agak kaget juga bahwa pendapat Bro Fuady itu adalah juga sama dengan pendapat pribadi saya, lagu-lagu mereka sama sekali saya tidak tahu artinya, tetapi lagu-lagunya benar2 menyentuh dan bisa menyayat hati. Saya punya album2 mereka lengkap. Nice blog….

    • M.E. Fuady berkata:

      Nice share, bro.. :) Betul bgt, lagu yang keluar dari jiwa memang menyentuh jiwa yang lainnya.. Beyond membentuk ikatan dengan kita secara alamiah lewat lagu2nya yang khas …

      • Johny Lim berkata:

        Agak surprise juga, karena biasa mayoritas lagu Chinese itu juga disukai golongan chinese, tapi memang Beyond luar biasa, sampai musiknya bisa menggugah semua golongan (yang memang ngerti musik) , saya juga tidak paham bahasa mereka, tapi semua permainan instrumen, olah vokal semua dimainkan penuh perasaan dan bisa menjelaskan pada kita tentang ‘lagu’ tersebut, bahkan tanpa perlu kita pahami artinya, apalagi kalo udah paham, wahh, ngga terbayang.

        Video konser 1996 yang Mas share juga itu bagus sekali, melodinya menyayat hati, melihat mereka menangis sambil menyanyikan lagu itu membuat air mata kita ikut berlinang.

        btw, nice share mas.

      • M.E. Fuady berkata:

        Musik memang universal.. Melintasi sekat-sekat geografis, suku, agama, etnis, bangsa.. Menembus batas ruang dan waktu ya.. :) Kebetulan saya penggemar musik mandarin tahun 1990-an.. Beberapa saya upload di vodpod, blog khusus video musik dengan alamat imultidimensi (*tp sekarang ga bisa diakses lg :(..) Ni Ce Taw Wo Cai Teng Ni Ma, Ye Liang Tai Piau Wo Te Sin, Lai Sen Yen, Wen Pie, dll.. Lagu2 Jackie Cheung, Andy Lau, Teresa Teng, Leon Lai, Emil Chau, Wang Cie, Beyond, dll masih sering sy puter.. :)
        Ada satu lagu yg masih saya cari, duet taun 1995-an.. Judulnya & penyanyinya lupa, kalo liriknya masih inget.. Tp di Youtube lagu dgn judul ” ce yau li khai” bukan yg saya cari.. Bisa bantu..? :)

  5. Sev Lee berkata:

    Bro Fuady…. setuju banget lagu2 Beyond sangat khas. Bahkan boleh dibilang hampir sama khas nya dengan Queen atau Rush.dalam strata lain. Mohon info, dimana saya bisa mendapatkan lyric lagu2 Beyond? Thx…..

  6. jimmy berkata:

    Saya juga pengemar beyond sejak sd, lagu2nya mmg sangat khas dan sangat menarik bg saya. Mmg sangat jarang dr teman2 yg tau ttg band ini. Dari sekian banyak lagu beyond ada satu yg saya sangat suka, tetapi sayangnya saya tidak tahu judulnya.. Mungkin ada dari teman2 yg bisa menolong.. Hehe.. Lagu ini menjadi sound track dr film andy lau yg berjudul “a moment to romance” dan di putar wkt andy lau sedang sekarat lg mengendarai motor bersama dengan pacarnya.. Dimana wkt mengendarai motor hidungnya mengeluarkan darah terus.. Hmm… Sangat pas banget dan mengharukan ketika di gabung dgn film tersebut. Bila ada temen2 yg tau mohon bantuannya yah. ^ ^

  7. Kurniawan Lauw berkata:

    Salam kenal jg ..
    Saya jg salah satu pengemar berat Beyond. Semasa sy msh sma dulu. Kemarin, sy nonton VCD konser Beyond yg sy beli sebulan lalu di Malaysia.
    Sy nonton nya sambil bercucuran air mata, sy sendiri jg binggung sendiri. Koq bisa gitu ya ??
    Beyond never dies …

    • M.E. Fuady berkata:

      Beyond bikin musik dengan kesungguhan hati.. :) Pilihan nadanya bener-bener merepresentasikan perasaan/jeritan hati seseorang.. Seperti “Tears”-nya X-Japan, itu juga menyentuh banget..

  8. leonsong berkata:

    like

  9. daniel chau berkata:

    saya adalah penggemar beyond, dan beyond jugalah sumber inspirasi saya dalam bermusik. saya mempunyai semua lagunya dari mereka masih 5 orang sampai 3 orang. sampai sekarang saya masih suka melihat berita mereka di facebook.

  10. Steven khui berkata:

    Saya Ĵчğå pengemar Beyond..

  11. Steven khui berkata:

    Saya baru mengidolakan beyond tahun 2010… Pertama kali saya suka beyond,ketika melihat film Happy Ghost,waktu itu saya mendengarkan lagu Ni Ce Tau Wo Te Mi Huang,abang” sya Ĵчğå suka banget ma beyond..tapi setelah saya tau beyond uda gak ada saya sedih T_T… Saat itulah,saya mencari Mp3 nya N VCD nya…. Beyond emank its the best,lagu” nya dlm bngt,,,,,Hai Kuo Tian Kong,Wu Lei De Yi Han,Jiao Zhi Qian Ge Xin,Kuang Huei Shui Yue..Ğω suka dah semua lagu” beyond,..Beyond Forever…

  12. Steven khui berkata:

    Hahaa…Abang sya yg ƙҽ 2 baru pegemar banget ma richie broo….klu sya ma beyond,,, tapi beyond uda gak ada..T_T…. Walpun sya gak ngerti bhs dri lagu beyond,tpi menurut sya,,dari vocalny lagu nya magna ny sngt dlm…..Wong Ka Kui,emg uts the best…. Θî fb,banyak yang tiap hati beyond selalu…

  13. M.E. Fuady berkata:

    Yang paling saya suka :TEARS”.. Lirik dan musiknya nendang banget…
    Di Youtube :

    http://www.youtube.com/watch?v=wblUC09bsYo
    Nah kalo yang ini http://www.facebook.com/photo.php?v=1146047445280, video yang saya buat.. Musik latarnya dari Tears X-JAPAN,. itu event CSR saya & mahasiswa ke salah satu SMA korban gempa di Yogya… Musiknya beneran keren :)

    • Johny Lim berkata:

      Sama, lagu X-Japan memang keren juga, banyak versi mandarin juga dinyanyikan sama penyanyi mandarin.

      Yah X-Japan dan Beyond memang rada mirip, instrumen dan musikalitasnya, cuma X-Japan lebih ke Japanese Rock, sedangkan Beyond lebih ke Chinese rock, tapi… banyak variasi musik juga dari Trash Metal, Rap, jazz, sampai reggae dll, bisa dibilang Beyond bukan murni Rock band lagi, karena mereka pada dasarnya sering mencoba berbagai musik dalam lagu mereka dan bereksperimen mencampur adukkan jenis music, tapi tetap keren :).

      Sejak meninggalnya WongKaKui, memang terasa banget agak timpang dalam segi vokal, vokal yang khas dari WongKaKui tak bisa tergantikan oleh siapapun.

  14. Steven khui berkata:

    Keren ΒrOº°˚˚°ºo lagu Ϟγα X japan…Kyk lagu beyond Hai Kuo Tian Kong,Slow….Like Đåћ …. Makasih ΒrOº°˚˚°ºo ‎​Ʊϑaђ kasi tau…Tears Mantap

  15. Steven khui berkata:

    Waaa..lagu x japan,,bagus” Ĵчğå broo………….panjang”semua ya lagu” x japan,mantappp…..

  16. Wan Lau berkata:

    sy jg fans berat BEYOND ….sy mulai ngefans mereka dari Soundtrack Film Moment of Romance yg dibintangi Andy Lau….film dan soundtrack nya pas banget…film yang sangat menyentuh ditambah dgn lagu Beyond yg mengena di hati….

  17. Tommy berkata:

    Satu hal yang pasti….tidak akan ada lagi grup band di HK sana yg akan bisa menggantikan posisi BEYOND…

  18. Mulia berkata:

    Salam kenal Mas Fuady, Ternyata banyak juga yang suka beyond? Tidak banyak orang yg suka music beyond.. selama ini saya kira cuman saya dan sepupu saya yg fans beyond di Jakarta. Saya mulai suka beyond sejak taon 1990, lewat parabola, nangkap siaran TV3 malaysia yg sering siarin beyond. semua koleksi kaset beyond saya hancur pas banjir 2007 lalu….untungnya sekrang udah dapet koleksi CD the bestnya….tp gak komplit karena the best, tidak selengkap album. Salaha satu lagu favorit saya “Wo shi Fen Nu” kalau lagi down, saya putar lagu ini…I’ll never die, I’ll never cry, You’ll seeee……soundtrack film Tiger of Wanchai.

    • M.E. Fuady berkata:

      Salm kenal… :) Wah kalo saya di TV 3 taun 1990 belum tau Beyond.. Taunya Mr. Oz, P. Ramli, dll..
      Beyond emang menyentuh dan menyayat, tak heran banyak yang suka ya, meski kita tak saling tahu kalo sama2 fans beyond… Emang jarang band yang bikin hati langsung tersentuh… Beyond emang beda..

      • Johny Lim berkata:

        Sorry saya balas sini, dan sorry juga baru balas :D .
        Kira2 kayak gimana yah lagu yang bro Fuad cari itu? Mungkin bisa sedikit lebih spesifik? Lirik reffnya kira2 kayak gimana?

      • M.E. Fuady berkata:

        Kalo ga salah (sorry kalo salah nulis liriknya coz dah lama banget dan sy ga bisa bahasa Mandarin :)). Jangam di tertawakan yaa.. :)

        Ce yaw li khai sin fu wo meng li te ren
        Huei yi wang se kue cing taw sing tong..
        Ce yaw li khai. ?……………
        ?……………

        Wo se me neng wang ce ni te ai fu khan kai…
        ?…………..
        Ta ren te cing cing cang te ai…
        ?……..
        Ciu yaw li khai……

        Sorry, itu selintas lirik yg saya masih inget….
        Lagunya duet ce-co
        Lagu itu sejaman ama lagunya Andy Lau duet ama si cantik Rosamund Kwan….

  19. ipad priser berkata:

    Hi, I do believe this is an excellent blog.

    I stumbledupon it ;) I will return once again since i have bookmarked it.
    Money and freedom is the greatest way to change, may you
    be rich and continue to help other people.

  20. Johny Lim berkata:

    Sory bro Fuad, benar2 blank.
    Gini saja bro kan pake hp Android, download aplikasi Soundhound, nanti dicoba senandung sendiri, dia bisa nangkap nada dan mencari judul lagu tersebut, nanti kalau udah ketemu judul, copas saja ke aplikasi Mp3 downloader buat download lagu tsb.

    Saya sih sering gitu, tidak tahu judul, tidak tahu lirik, cukup senandung nadanya saja bisa ketemu, cukup akurat.
    Silahkan dicoba bro, semoga berhasil :)

  21. johnzon Lie berkata:

    Saya fanz berat BEYOND, salam kenal buat Bro2x semua. Saya koleksi pernak pernik mrk sejak 1990 – FOREVER. BEYOND NEVER DIE !!!

  22. Suwanto Kiong berkata:

    Group band yang tak terlupakan sepanjang masa. Lagu2 nya yg melegenda &disukai oleh semua usia. Juga sangat cepat kena di hati pendengarnya. Musik & aransemennya yg bgt Mannntab. Saya ngefans berat ama Beyond. Jaman Saya SMA, bahkan Saya penah mengikuti model rambut khas drumer Beyond Yip Sai Wing. Salam utk semua penggemar Beyond. Trim’s kepada M.E. Fuady. Ijin share yaa. Tq…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s