Mau Lulus Sidang dengan Mudah? Baca ini.. :D

Suatu hari, seorang kawan seangkatan kuliah yang akan sidang skripsi menelpon saya. Kebetulan saya udah jadi dosen saat itu. ”Ad, apal teu nu nyidang saya saha wae?”, tanya dia pake bahasa Inggris😀.. Kalau dialihbahasakan “Ad, tau ngga dosen yang nguji saya dalam sidang nanti siapa aja” (aneh, alihbahasanya lebih panjang yak? :D)

”Wah, ngga tau”, jawab saya pake bahasa Perancis.. he.. he.. Tentu aja dalam bahasa Indonesia🙂

”Pang neangankeun nya, penting pisan euy”, pintanya pake bahasa manusia.. xixixi.. dalam bahasa kita artinya, “Tolong cariin ya, penting banget nih”…

Bergegaslah saya dari rumah ke fakultas, saya cari tau siapa aja pengujinya. Segera saya telpon dia dan memberitahu nama pengujinya adalah tiiiiiit, tiiiiit dan tiiiiiit (Sensor MODE ON :))

Kayaknya dia berterima kasih sekali.. Keliatan dari nadanya yang sumringah…

Beberapa hari kemudian, dia sidang skripsi dan lulus.. Happy Ending…

Tamat…?? Ceritanya udahan alias THE END……

CERITANYA UDAH SELESAI YAH?? Nggak rame banget… : D Tenang, masih berlanjut.. Belum klimaks nih…

Sekian lama setelah lulus, dia pun bercerita..

”Ad, apal teu kunaon saya nanya2 penguji ka ente?”, tanyanya.. Artinya, “Ad, tahukah engkau mengapa diriku bertanya siapa saja penguji sidang skripsi kepada dirimu?”😀 (alih bahasa yang lebay MODE ON)

”Ngga. emang kenafa?”, saya balik bertanya…

”Jadi, saya datang ke seorang ajengan di Garut sebelum sidang. Saya harus nulis nama-nama penguji di kertas. Ajengan itu nambahin nulis pake bahasa Arab. Abis itu kertas bertuliskan nama penguji dibakar dan dimasukkan ke gelas berisi air.”

”Trus kumaha?”, tanya saya

”Saya harus minum airnya.. Trus pas mo pulang ajengan ngasih lilin… Lilin itu harus dibakar pas saya di uji pas sidang”

Jiga BABI NGEPET wae euy make lilin??”, tanya saya heran.. kamsudnya “kayak babi ngepet aja pake lilin”🙂

”Urang mah lieur lilin rek dibakar dimana.. Maenya di depan penguji, ngerasa aneh atuh dosen-dosenna..”.. artinya “Saya bingung itu lilin dibakar dimana, Masa dibakar depan penguji, pasti dosen penguji merasa aneh”..

”Trus?” tanya saya penasaran..

”Akhirnya, saya titip ke adik saya tuk nyalain tuh lilin di rumah…Alhamdulillah, sidang lancar… Tapi ternyata ada dua orang penguji yang berhalangan, dan diganti penguji lain… Wah itu susahnya minta ampun.. Kayaknya karena nama dosen pengganti ngga termasuk paket yang dikasih ke ajengan…”, kata dia…

”Masih mending pengujinya ngasih pertanyaan yang susah pas nguji kamu… Coba kalo tiba-tiba kamu menghilang di depan penguji gara2 adik kamu niup api lilin yang bergerak-gerak.. Dikira kamu dalam bahaya kayak babi ngepet dikepung warga… Fuhhh… api ditiup… trus kamu menghilang…”, gerutu saya…

Ck.. ck… Kaget… Ada juga ya yang persiapan sidang skripsi kayak gini…😀

CERITA di atas benar-benar terjadi. dan hebatnya sekarang dia kerja di sebuah stasiun televisi swasta nasional terkemuka dengan gaji yang sangat besar. Jauh dibandingkan gaji dosen🙂

Hikmah dari pengalaman di atas, harus hati-hati dalam melangkah atau melakukan  sesuatu..  Suatu perbuatan bisa dikira Islami ternyata tidak, atau bisa pula sebaliknya, artinya belum tentu juga hal di atas keliru dalam perspektif tertentu.

Berhati-hati agar tidak tergelincir pada perilaku yang dianggap agamis padahal tidak, itu jauh lebih baik..

Pertanyaannya, bagaimana bisa sebuah riset dengan pendekatan ilmiah diselesaikan dengan jalan yang dianggap tidak ilmiah..? Aneh juga, ya..Tapi itulah potret dari masyarakat kita yang cukup kental dengan pendekatan non positivistik (baca: mistik) dalam menyelesaikan banyak hal..

Pertanyaan selanjutnya, siapa mau mencoba hal yang sama untuk lulus sidang?? 😀

Tentang M.E. Fuady

ME. Fuady adalah dosen Fikom Unisba. Penulis memiliki minat pada banyak hal seperti makanan, tempat kuliner, komik, film, musik, dorama, tokusatsu, ilmu komunikasi, public relations, teknologi komunikasi, agama, mistik, supranatural, dan semuanya berbaur dalam blog IMULTIDIMENSI.
Pos ini dipublikasikan di Mistisisme. Tandai permalink.

2 Balasan ke Mau Lulus Sidang dengan Mudah? Baca ini.. :D

  1. agungbla berkata:

    nice inpo nih Pak😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s