Tindihan : “Gerbang” Menuju Lucid Dream Experience (Pengalaman Para “Pengendali Mimpi”)

“Suatu malam menjelang terlelap.. Saat berbaring dan kesadaran hampir menipis, Saya merasa tubuh saya tiba-tiba tidak bisa bergerak. Badan terasa berguncang kuat. Seperti ada gempa yang hanya dirasakan oleh diri saya sendiri. Tubuh saya tetap di tempat tidur, tapi kok rasanya naik ke atas setinggi-tingginya dan dihempaskan, dijatuhkan ke bawah sekuat-kuatnya. Rasanya seperti naik jet coaster, Kora-Kora, ato Halilintar di Dunia Fantasi. Kata orang Sunda sih ngalenyap. Rasanya lumayan menyenangkan, sedikit deg-degan, ada sensasi yang hanya bisa digambarkan seperti (yang saya bilang) naik jet coaster tadi. Saya merasakan itu berulang kali dalam durasi yang cukup panjang. Lama-kelamaan fenomena itu akan berhenti dengan sendirinya saat kesadaran hilang dan saya masuk ke alam mimpi… Tapi saat ada di alam mimpi pun saya sering menyadari mimpi saya”, ungkap seorang kawan.

Tubuh serasa diombang-ambing, naik dan turun secara drastis laksana sebauh jet coaster

Seorang kawan lainnya mengatakan, “Dalam tidur saya, saya sadar. Seringkali saya mendengar dengan jelas suara orang bercakap-cakap di sekitar saya. Ada yang menggunakan bahasa asing, seperti Jerman, Inggris, Arab. Kadang ada suara orang mengaji. Suara itu keras sekali. Seperti di dekat telinga. Saya engga tahu apa itu suara orang, jin, atau halusinasi saja. Itu bukan mimpi karena saya sadar lho. Itu terjadi sejak saya duduk di bangku sekolah dasar. Kalau saya menginap di rumah teman, selalu terdengar suara nenek-nenek dan kakek-kakek tertawa terbahak. Menakutkan? Karena sudah terbiasa, saya enggak merasa takut tuh. Biasa aja. Cuma cape aja. Mau tidur diganggu ama yang kayak gitu.”. Begitu ungkapnya sambil menghela napas.

Ilustrasi : Suara tawa terbahak-bahak jelang tidur di telinga

Pengalaman dua kawan saya (narasumber dalam riset saya tentang mistisisme) di atas adalah pengalaman subyektif mereka mengenai tidurnya. Pengalaman itu muncul dan dirasakan bukan pada saat ia tertidur, melainkan fase menjelang tidur. Lalu, pengalaman apakah itu? Apakah itu eureup-eureup, tindihan, diganggu hantu, jurig, ririwa, jin dan sebagainya? Ataukah itu fenomena yang berbeda dengan tindihan?

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya (Fenomena Tindihan : Antara Medis, Sain dan Mistis), eureup-eurep/tindihan/sleep paralysis adalah fenomena sulit bergerak saat tidur yang dapat menimbulkan ketakutan bagi si pelaku. Rasa takut itu bisa jadi personal atau situasional, artinya bisa jadi rasa takut muncul dari dalam diri dengan sendirinya karena memang penakut, atau muncul karena situasi/kondisi tindihan yang tidak menyenangkan, atau terganggu oleh obyek yang dirasakan berasal dari luar dirinya, yang dianggapnya adalah hantu, jin, dsb.

Berbeda dengan eureup-eureup, fenomena yang diungkapkan di awal ulasan ini bukanlah fenomena yang  menyeramkan dan menakutkan. Justru fenomena itu katanya “lumayan menyenangkan”, “ada sensasi naik jet coaster”, “sadar sedang bermimpi”.

Menurut saya ada beberapa “teori” yang dapat menjelaskan fenomena yang dialami seperti diungkap di atas.

  1. Bila menimbulkan rasa takut, panik, susah bernapas, tidak nyaman, tidak menyenangkan, bisa jadi itu adalah murni fenomena tindihan yang bagi sebagian orang adalah gangguan jin atau bisa jadi karena otak masih aktif bekerja (baca : Fenomena Tindihan : Antara Medis, Sain dan Mistis). Karena takut, pelaku sekuat tenaga membangunkan dirinya. 
  2. Bila tidak menimbulkan ketakutan, kepanikan, kengerian, bisa jadi itu adalah tahap awal menuju pengendalian mimpi atau LUCID DREAM bahkan ASTRAL PROJECTION. 
  3. Fenomena tindihan memang terasa menakutkan, tetapi kita mengabaikan rasa takut. Ketakutan itu muncul karena kita khawatir terhadap situasi yang unik. Jadi sebenarnya stimuli itu tidak perlu ditakuti. Bila kita tenang, tidak panik dan menguasai diri dalam kondisi tindihan, maka selanjutnya akan menuju LUCID DREAM bahkan ASTRAL PROJECTION..

Berdasarkan “teori” pertama, tindihan BERHENTI dengan bangunnya si pelaku. Pelaku bangun karena merasa ketakutan akan fenomena tindihan. Merujuk pada “teori” kedua dan ketiga, tindihan baik yang menakutkan ataupun menyenangkan, bila kita tenang, tidak panik, membiarkan fenomena itu, maka kita dapat lanjutkan pada fenomena (tahap/fase) LUCID DREAM. Jadi, antara “teori’ yang kedua dan ketiga terdapat keterkaitan. Tindihan adalah “gerbang” menuju LUCID DREAM.

Istilah  LUCID berasal dari bahasa Latin “Lux”, artinya “cahaya” dan “dream” artinya mimpi. Dalam bahasa Indonesia Lucid Dream bisa diartikan sebagai “mimpi yang jelas” atau “mimpi cerah”, atau “mimpi terang”. Dalam bahasa saya sendiri, Lucid Dream (LD) disematkan pada mimpi yang kita sadari. atau kita menyadari kalau kita sedang bermimpi. Kita bisa melakukan apapun dalam mimpi. Biasanya untuk “pemula”, mereka memiliki keinginan bertemu dengan wanita yang disukainya😀

Untuk yang sudah terbiasa LD, mereka mencoba hal lainnya yang lebih bermanfaat seperti pergi ke tempat tertentu, bertemu dan bercakap-cakap dengan orang yang dikasihinya yang telah tiada barangkali salah satu di antaranya.

Untuk memahami apa itu Lucid Dream, nggak usah jauh-jauh. Yang paling mudah, tontonlah INCEPTION. Dalam film besutan Christoper Nolan, Leonardo Di Caprio, dkk adalah para pengendali mimpi. Mereka mampu mengendalikan mimpi. Melalui mimpi yang terhubungkan satu sama lain, mereka mampu mengorek informasi penting dari lawan mereka atau mempengaruhi orang untuk mengambil keputusan penting. Mimpi mereka pun berlapis-lapis. Artinya ada tingkatan kedalaman mimpi atau tingkat keterlelapan (LUCIDITY).

INCEPTION : Sebuah "mahakarya" Christoper Nolan. Film yang membuka mata penonton tentang LUCID DREAM. Yang jadi pertanyaan, apakah film ini didasarkan pada pengalaman pribadinya tentang Lucid Dream? Apakah ia seorang Dream Bender? Ataukah hasil risetnya tentang mimpi? Ataukah dari buku-buka yang dibacanya? WHO KNOWS...

Didasarkan pada pengalaman pribadi, menurut saya Lucid Dream dapat dibagi menjadi dua :

1. Lucid Dream yang disengaja (LDD). Kita sebagai pelaku mimpi memang berusaha mendapatkan pengalaman LD. Jelang tidur kita berkonsentrasi penuh untuk mencapai LD. Caranya? Mengatur napas, menjaga kesadaran, dan buat “tubuh” kita berguling. Yang dimaksud dengan tubuh disini bukan tubuh kita secara fisik melainkan keinginan yang kuat untuk berguling sementara tubuh kita diam tak bergerak. Pada titik tertentu, yakni batas antara menipisnya kesadaran dan menguatnya keterlelapan tiba, biasanya tubuh kita terasa berguling. Serasa kita lepas dari tubuh. saat itulah kita masuk dalam Lucid Dream. Kita bisa mengatur mimpi sekehendak kita asalkan tidak terlelap lebih dalam atau LD kita terseret pada arus keterjagaan (bangun). Biasanya bila “waktunya” habis terasa kita berpindah kepada mimpi lain yang tidak kita atur atau bangun dari tidur. Biasanya pengalaman Erotic Lucid Dream didapatkan pada LDD, barangkali disebabkan oleh salah satu kebutuhan biologis manusia akan hal itu namun sebaiknya lakukan hal lain yang lebih terhormat🙂

Seorang narasumber riset saya bercerita,

“Jelang tidur saya konsentrasi untuk terkena tindihan.. Lalu, dalam mimpi saya berada di ruang tamu rumah saya yang lama. Karena tidak mau mengisi mimpi dengan hal-hal jelek maka saya memutuskan untuk shalat Isya dalam mimpi. Saya shalat mulai takbiratul ihram hingga salam. Sebenarnya saya khawatir bila saya keburu bangun seperti biasanya, namun saat itu Alhamdulillah saya bisa menyelesaikan shalat saya tanpa keburu bangun. Bahkan saya masih bisa mengerjakan hal lainnya setelah shalat Isya dalam tidur saya itu”.

2. Lucid Dream yang Tidak Disengaja (LDTD). Kita sedang tidur dan bermimpi, tiba-tiba di tengah-tengah mimpi itu kita menyadari bahwa kita sedang bermimpi. Misalkan, kita bermimpi ingin pipis. Saat di kamar mandi kita buka celana namun alangkah kagetnya kita sama sekali tidak bisa membuka kancing celana maupun risletingnya, seolah-olah licin bahkan tak tersentuh. Saat itulah kita sadar bahwa kita sedang bermimpi dan berusaha “mengembalikan” diri kita yang sedang berada di kamar mandi untuk kembali ke kamar dan bangun.

Bagaimana dengan anda, pernahkah mengalami “sadar sedang bermimpi”? Mungkin anda pernah bermimpi terbang dan andalah yang mengendalikan mimpi itu? Anda sadar sedang bermimpi. Anda terbang mulai dari jalan menuju atap-atap rumah, lalu lebih tinggi lagi anda mengangkasa hingga sampailah di perbukitan indah nan tenang dan syahdu. Anda terbang di atas pepohonan cemara hijau dan putuskan untuk turun perlahan. Anda tidak mengenali tempat itu dan anda hanya seorang diri, atau barangkali anda bertemu seseorang di sana… Pernahkah anda rasakan itu??

Anda mengendalikan mimpi untuk terbang

Anda sadar sedang bermimpi dan putuskan untuk terbang mengangkasa

Anda terbang mengangkasa tinggi setinggi-tingginya sesuai dengan keinginan anda

Melayang di angkasa laksana Superman dan Gatotkaca

Anda terbang di atas bukit

Anda putuskan untuk terbang merendah di perbukitan

Mengenai kesadaran dalam mimpi (maksudnya kita nyadar kalo kita sedang bermimpi), pengendalian mimpi sekehendak hati pelaku/penjelajah mimpi, itu memang benar, tetapi bila Lucid Dream dapat menghubungkan mimpi beberapa orang pelaku yang berbeda seperti dalam Inception, tampaknya itu harus diuji. Mungkin harus diriset. Caranya? Para pengendali mimpi (Dream bender, jiga Avatar wae nya.. The Last Air Bender :D) mencoba Lucid Dream secara bersamaan dan menghubungkan Lucid Dream mereka. Bila terdapat keselarasan pengalaman berdasarkan cerita mereka setelah bangun insya Allah Lucid Dream dapat terhubungkan satu sama lain. Jadi sifatnya tidak lagi personal.

Wallahu a`lam.

(Penjelasan tentang Lucid Dream dan Astral Projection secara lebih mendalam lagi akan dibahas pada ulasan selanjutnya.Upami Allah masih ngawidian, upami masih dipasihan waktos ku Allah… Amin)

Tentang M.E. Fuady

ME. Fuady adalah dosen Fikom Unisba. Penulis memiliki minat pada banyak hal seperti makanan, tempat kuliner, komik, film, musik, dorama, tokusatsu, ilmu komunikasi, public relations, teknologi komunikasi, agama, mistik, supranatural, dan semuanya berbaur dalam blog IMULTIDIMENSI.
Pos ini dipublikasikan di Islam, Mistisisme. Tandai permalink.

101 Balasan ke Tindihan : “Gerbang” Menuju Lucid Dream Experience (Pengalaman Para “Pengendali Mimpi”)

  1. anang nurcahyo berkata:

    info yang sangat unik. perlu dicoba nih. kalo pengalaman tindihan udah sangat sering. tapi belum sampai pengendalian.

  2. M.E. Fuady berkata:

    Kalo ga panik & konsentrasi insya Allah berlanjut.. Biasanya semakin sering menuliskan pengalaman mimpi dalam sebuah jurnal, kita akan terbiasa bermimpi dan menyadari kalo kita sedang bermimpi.. Wallahu a`lam..

  3. Teguh berkata:

    Hmm,. Kalau begitu, apa bedanya LD sama AP?
    Kayaknya sama aja.

  4. M.E. Fuady berkata:

    Astral Projection bukan lagi di alam mimpi… Memang tubuh “astral” seseorang dapat keluar dari tubuhnya dengan kesadaran… Beberapa pengamal mistisisme melakukannya melalui riyadhah wirid, doa, mantera.. Bagi sebagian kalangan lain dengan latihan-latihan khusus…

  5. syaifuddin berkata:

    sy mengalami mimpi lucid dan meraga sukma (astral travel/obe). tapi sampai sekarang blum tahu manfaatnya selain bisa terbang, ketemu yg disukai, dll. mungkin bs dibahas mengenai potensi manfaatnya. sy pernah bbrapakali shalat dlm lucid dream, sy rasakan fenomena pusaran angin. pernah pula brtemu kakek brjubah …wa allahu a’lam

    • M.E. Fuady berkata:

      Wah, Kang Syaifuddin expert..🙂

      Apa yang anda bilang betul sekali, kang.. Manfaatnya apa ya.. 🙂
      Barangkali yang dapat menjawab itu adalah diri masing-masing.. Apa Lucid dan astral menjadi tujuan akhir ataukah itu menjadi perlintasan kita untuk mendekati Allah yang `Alimul Ghaib wa Syahadah huwa ar-Rahman ar-Rahim.. Karena yang dinilai oleh Allah adalah ketakwaannya, mudah2an salah satu manfaatnya ialah menjadi lebih bertakwa..🙂

      Sekedar sharing karena akang ad. ekspert, mungkin juga buat seseorang mendapatkan pengetahuan mistik (meminjam istilah Prof. Ahmad Tafsir) dan pengalaman mistik seperti lucid dan astral menjadi kenikmatan tersendiri (meski dalam perspektif lain seperti barat, lucid dan astral dianggap fenomena psikologis biasa yang bisa diilmiahkan, bukan mistisisme).. Kenikmatan mendapatkan pengalaman yang orang lain belum tentu memperolehnya.. Di antaranya mengetahui hakikat (beyond reality)..

      Kalau sain berguna untuk menjelaskan, memprediksi, meramalkan gejala, dan mencari solusi, menurut saya pengetahuan lucid dan astral juga bisa berguna untuk itu.. Wallahu a`lam

      Nice to meet U.. 🙂

    • ayahrehan berkata:

      begini agan saifudin, biasanya orang pertama kali masuk ke negeri orang tanpa tujuan ingah-ingih (orang jawa bilang) tidak tau apa yang musti di kerjakan.
      Sebenarnya dalam OBE banyak sekali yang dapat kita kerjakan, bahkan kalau ditulis di blog ini mungkin tidak muat, sebagian kecil dari pengalaman saya saja ya bang….
      1. saya penasaran ingin tau percakapan yang di bicarakan antara dua orang temen yang saling berbisik pada waktu saya di kantor, pada saat itu saya tidak bisa mendengar percakapan mereka karena jaraknya ada sekitar 5 M dari tempat duduk saya……., pada saat saya sedang OBE dengan afirmasi pada diri sendiri ….dan sedikit konsen pada tujuan …. wal hasil saya bisa mendengar Record percakapan dengan jelas antara dua orang teman kerja saya… walau itu terjadi 4 hari yang lalu.
      2. ketika anak saya masih kecil, sudah 2 hari rewel saja nangis… terus tidak ada sebab yang jelas….., iseng saya lakukan OBE, pada malam harinya, pada waktu OBE saya lihat di atap genting ada semacam biawak merayap di atas genting, dengan afirmasi pada diri dan saya ajak dialog agar binatang gaib tsb pergi dari rumah saya, aneh memang sepertinya binatang tersebut tidak bisa bicara tetapi saya bisa merasakan apa yang dia kehendaki dan sebaliknya binatang tersebut tau yang apa yang saya ucapkan….. wal hasil binatang gaib itupun pergi….. besoknya anak saya sudah tidak rewel dan nangis tanpa sebab lagi…. rupanya anak saya dengan mata telanjangnya tidak sengaja melihat mahkluk itu dan dia merasa ketakutan.
      itulah agan saifudin sedikit pengalaman saya, sebenarnya pada waktu OBE / AP otak kita menjadi 100%, apa saja yang kita inginkan dengan ijin Allah akan terwujud saat itu juga, sebenarnya dari OBE inilah saya pribadi mendapat pencerahan bahwa benar adanya ” Jika kamu meminta dengan sungguh-sungguh Allah akan mengabulkan do’a hambanya”

    • biasa ny sering terjadi lucid ato astral k’ ngpain aj sblom tidur…???
      q sll mncoba tpi g bisa…
      bisa kasih tau cara ny…

      • M.E. Fuady berkata:

        Tidur kembali setelah beberapa saat sempat terbangun dari tidur bisa memepermudah lucid dream.. Sering-sering menulis pengalaman mimpi.. Itu membuat kita akan mengenali situasi saat bermimpi dan sadar sedang berada dalam mimpi.. Saat tidur, bagian tubuh/kulit jangan menempel dengan orang lain, itu bikin susah mendapatkan lucid dream..

      • M.E. Fuady berkata:

        Kalo terbangun saat tidur, tunggu beberapa saat kemudian tidur lagi, itu memudahkan terjadinya Lucid Dream (LD).. Sering-sering menulis jurnal tentang mimpi, itu bisa membuat kita mengingat situasi mimpi dan memperoleh LD.. Jangan bersentuhan kulit dengan orang lain saat tidur bila ingin mencoba LD.. Bila ada tindihan rileks dan coba kuasai diri untuk menggulingkan “tubuh”..

  6. tomjane berkata:

    Stlh 9thn brlalu akhrx dpt jg info yg jelas.

  7. tomjane berkata:

    Buku jurnal mimpi saia sdh brtumpuk, tdk berlanjut sejak 09, di karenakan social network sudah mewabah.

  8. M.E. Fuady berkata:

    Wah, lebih bagus lagi kalo pengalaman2nya dituliskan di dunia maya, kang.. Pasti banyak yang seneng baca itu..

  9. saya juga sering ngalamin lucid dream, I like it and really excited

  10. koko berkata:

    saya sangat sangat setuju banget dengan artikel agan karena persis sama dengan pengalaman yg sy alami😀 mantep bro.. biasanya klo gtu ane coba terbang deh terus jadi naruto punya rashengan dan jurus pindah dimensi,,asal aga tahu aja apabila agan terbangun dari lucid dreaming dan merasa mimipinya blm ending maka agan balik lg aja tdur nanti akan nyambung kok haha,,yah kalo agan sadar j berburu yg erotisme soalnya tentulah anda terbangun dgn mimpi basah,,,haha bisa jg dlm keadaan seperti itu krena kita slalu inget sama Tuhan terus melakukan sholat pas mimpi..ada lagi selalu jaga pikiran positif saat terjadi tindihan..kalo gag pengen tindihan kasih aja balsem di jidat/ minyak kayu putih,,biar peredaran darah lancar :))

  11. bangmil berkata:

    Sejak dua tahun yang lalu, saya sering banget mengalami tindihan, dan gejalanya sama persis dengan yang sudah disebutkan di atas. Alhamdulillah, nggak pernah keluar sosok menyeramkan, tapi rasanya sangat tidak nyaman dan tubuh serasa seperti ditekan. Jadi dari dulu saya selalu mencoba untuk membangunkan diri secara paksa saat tindihan, seperti teori nomor satu.
    Tapi setelah searching sana-sini, akhirnya saya mulai tahu tentang Lucid Dream dan Astral Projection. Setelah tahu kalau ternyata tindihan bisa menjadi gerbang antara mimpi dan LD, akhirnya saya tertarik untuk coba-coba. Pertama kali mencoba, saat tindihan saya sudah berusaha sekuat mungkin untuk rileks dan tenang, tapi hasilnya tubuh justru lebih tertekan dan rasanya seperti ada orang menghisap udara di sekitar saya. Saat itu, dengan pasrah saya akhirnya membangunkan diri saya secara paksa lagi.
    Tapi anehnya, tadi malam sepertinya saya mengalami tindihan tapi tidak sepenuhnya sadar, kemudian tiba-tiba berlanjut ke sebuah mimpi. Saat itu saya teringat dengan LD, dan coba-coba untuk terbang. Alhasil, saya pun bisa terbang dan saat itu saya yakin kalau sayang sedang mengalami LD. Karena pengalaman pertama, saya mencoba untuk bertemu dengan seseorang (ehem) dan ajaibnya mimpi saya berpindah tempat dan dia benar-benar datang di sana. Tapi tidak lama, akhirnya waktu saya menikmati LD habis, dan mimpi biasa berlanjut dari tempat terakhir tadi.
    Maaf jadi terkesan curhat, hehe. Tapi apa anda mempunyai tips untuk mengendalikan diri di saat tindihan agar bisa berlanjut ke LD? Juga bagaimana cara untuk menguasai LD sepenuhnya? Karena di LD pertama saya ini, saya belum sepenuhnya sadar dan berlangsung sebentar. Mohon bantuannya dan terima kasih😀

    • M.E. Fuady berkata:

      Untuk mencapai lucid dream, sering-seringlah menulis pengalaman tentang mimpi (jurnal). Tulis berbagai pengalaman mimpi kita. Itu bisa membantu mengenali dan menyadari bahwa kita sedang bermimpi dan berlanjut pada pengendaliannya..

      Saat bermimpi perhatikan, ada yang janggal/tidak dengan situasi di sekeliling.. Misalnya masuk ke kamar mandi karena kebelet pipis, tapi celana nggak bisa dibuka. Kejanggalan itu bisa membuat otak berpikir bahwa kita berada di alam mimpi. Lalu kita putuskan untuk mengembalikan “diri” kita di toilet ke kamar tidur. Sadarilah kalau kita dapat melakukan apapun dalam mimpi, jadi tembus saja pintu dan tembok untuk mencapai tubuh yang sedang tidur. Sensasi dan pengalaman yang berbeda akan membuat kita lebih mahir mengendalikan mimpi..

      Cara menguasai LD bisa melalui latihan-latihan. Misal tidur sejenak, lalu ketika terbangun, tunggu beberapa saat dan tidur kembali. Saat tidur kembali biasanya muncul gejala2 tindihan. Rilekslah saat tindihan, coba gulingkan “tubuh” halus. Kalau sudah masuk ke Lucid, jaga ritme agar tidak masuk ke dalam tidur lelap. Kontrol “tubuh” halus agar tidak tersedot dalam tubuh (tidur).

      Semoga sukses dengan LD, dan jangan mengejar erotic dream dalam LD..🙂

  12. Annisa Ncax berkata:

    terima kasih infonya, aku habis tindihan terus lgsung browsing dah.
    aku jadi tahu klo banyk juga yg ngalamin mimpi kaya aku.😀

    curlong nih ya.
    aku udah beberapa kali tindihan tapi disetiap tindihanku itu kbanyakan ttg surga mati, ato neraka(mnurut gue gtu). nah, krn tindihanku ngeri mkanya aku pengen bgt bangun dan ga berani lucid dream .
    aku juga suka mengendalikan mimpiku tapi klo bosen dan mimpi ku gak enak mending aku bangun aja. ya terus aku juga bisa bangun.

    aku juga sering mimpi kaya jatuh dari tebing dan rasanya tuh kya naik jet coaster itu, berkali2 malah. klo mnurutku sih itu ga mengasyikan malah ngeri.
    kenapa sih kita bisa mimpi kaya gitu?
    makasi😀

    • M.E. Fuady berkata:

      Dalam LD, kita bisa memilih mimpi.. Bila ada mimpi tak menyenangkan, segera saja berpindah ke mimpi yang kita harapkan. Sadarilah kalau kita yang bermimpi, kita yang mengendalikan mimpi.. Berpindahlah dengan terbang, atau bangun sebuah dimensi/ruang baru, atau berpindahlah ke dimensi yang kita inginkan..

      Surga dan neraka yang kita alami dalam LD adalah surga neraka di alam persepsi. Jadi tak perlu risau apalagi galau..🙂
      Tapi dalam perspektif spiritual-mistis, boleh jadi surga dan neraka itu adalah situasi yang Tuhan tampakkan pada kita agar kita menjadi manusia yang lebih baik.

      Kalau terjatuh dari tebing, nikmati saja sensasi saat melayang, toh tubuh kita tak akan terluka. Kita juga tak akan terjatuh ke tanah karena secara alamiah kita tak mau jatuh.

      Pengalaman saya, kalau kita jatuh pasti akan berhenti di udara, lalu dinaikkan dan jatuhkan lagi.. Sensasinya menyenangkan.. Dan nggak usah jauh2 ke Dufan, Trans Studio, atau Universal Studio untuk merasakan ketegangan naik jet coaster..😀 Jadi Annisa beruntung banget. Nggak semua orang mengalami ini..

      Kenapa bisa bermimpi kayak gitu..? Ehm, kalangan mistis/orang yang mempelajari ilmu hikmah mempercayai kalau orang yang mengalami LD adalah keturunan dari orang2 tertentu (hebat, sakti mandragade, spiritual, hikmah) di masa lalu
      Buat sains, fenomena LD adalah biasa dan dapat dipelajari dengan latihan, tidak ada mistik2nya..

      Buat kita yang beragama, percayailah ada suatu hikmah yang terkandung di balik LD dan manfaatnya kita sendir yang akan rasakan..

  13. Da'eng Bragiwo berkata:

    Mantap Penjabaran Tindihan Nya kang, klo aq Sering Meronta2 Sa’at Tindihan.. padahal Dalam hati aq udah Janji ‘gak bakal takut kena Tindihan’ Tapi Rasanya Susah Sekali😦 . Pengalaman Lucid Dream Qu Bru Skali Kang, Itu pun Sebentar + Menyeramkan, disitu Qu Terperangkap Di Bawah tumpukan Batu semacam Batu gunung gitu, qu pun Berusaha Keluar dari tumpukan batu itu, setelah qu berhasil keluar tampaklah kakek yg Tersenyum memakai jubah putih tanpa tutup kepala, disitu pun qu seperti mau di ajak dia melambaikan Tangan ke arahku, sayangnya setelah itu aqu bangun dari tidurku dengan Keringat di sekujur tubuh dan nafas yang tidak teratur .. Ini benear2 real qu alami, entah lah wallahu a’lam

    • M.E. Fuady berkata:

      Itu pengalaman real saat tindihan.. Biasanya sih yang dirasakan Kang Da’eng dialami oleh mereka yang mengamalkan wirid tertentu.. Biasanya begitu.. Saran saya kalo mengalami hal itu lagi tenang, pasrah dan berdzikir saat tindihan..

      • Da'eng Bragiwo berkata:

        wah kang fuad tau nih, emang Saya Mengamalkan Shalawat nabi + al fateha tiap malam .. Apakah yang aq alami termasuk lucid dream atau mragasukma ,? Tapi ko Kejadian begitu malah gak bisa sa’at saya niatkan mas, saya jdi bingung muncul kejadian tersebut disa’at ga ada niat .. Udah 2x sesudah kejadian di atas aq alami lagi..
        aq berusaha pengen tau dialog saya sama pak tua itu , berharap bisa ketemu lagi.. Sungguh itu kuasa allh ada alam di atas alam kita , wallahu a’lam

      • M.E. Fuady berkata:

        Menurut saya, itu bukan Astral Projection dan Lucid Dream.. Dengan astral, tubuh halus keluar dari tubuh kasar.. Kalo Lucid Dream, kita bisa mengatur dan mengendalikan mimpi.. Yang Kang Da’eng alami lebih ke pengalaman spiritual saat tertidur dan setelah beberapa kali mengalami, itu bisa mengantar akang kepada Lucid Dream.. Akang akan lebih peka pada mimpi..

        Menurut saya ada makna khusus dari batu2, kondisi saat itu dan kakek yang ditemui.. Allah akan memberikan kebaikan dan lindungan pada mereka yang berdzikir/wirid selama itu diniatkan lillahi ta’ala.. Dzikir2 khusus dengan jumlah tertentu memang membuka/mendekatkan seseorang pada fenomena metafisik/mistik/spiritual..

        Setiap orang memang punya kesenangan yang berbeda dalam memilih konten/bacaan dzikir.. Dalam beberapa tulisan yang saya baca, konon Syaikh Kholil Bangkalan Madura menyukai dan memilih surat Yaasin sebagai bacaan dzikir.. Kemanapun beliau pergi, Surat Yaasin selalu menjadi dzikirnya.. Beliau membaca Surat Yaasin sebanyak 47 kali sambil berjalan/bepergian sejak masa kanak2.. Pernah suatu ketika, Kholil semasa kanak2 tertawa saat kyainya menjadi imam. Setelah shalat, kyainya mencari tahu siapa yang tertawa tadi. Kholil kecil mengangkat tangan. Saat kyai bertanya kenapa, ia menjawab kalau yang ia lihat di tempat pengimaman bukan kyai, tapi periuk/besek makanan. Kyainya kaget, karena saat shalat ia memang teringat besek makanan yang dibawa dari tempat takziyah.

        Menjadi lebih awas, terbuka hijab, biasanya dialami pengamal dzikir.. Kadang dialami secara sadar, kadang saat tidur/melalui mimpi..

  14. Da'eng Bragiwo berkata:

    amin amin kang, terimakasih atas saran dan bantuan akang..
    Masih banyak kejadian yg aq alami yg gk masuk d akal, aq malah pendam aja takutnya klo di ceritakan ntar disangka pamer ilmu ato apalah.. Di Usiaku Yg bru 18thn ini dan status qu santri, aq pantas gak ea kang mempelajari mrga sukma atau astral projeck .? Soalnya qu pernah ngalami juga tanpa d sengaja tangan kiriku ada dua kang, setelah qu tanya ke seorang teman jawabnya gini “klo kamu tidak takut di sa’at itu mungkin sukma km bisa keluar” intinya Rasa penasaran qu masih terhalang rasa takut , jdi serba salah kang, ma’f kang seblm’nya ko jdi curhat di blog akang, salah akang buat artikel ini hee he😀 bcnda kang

    • M.E. Fuady berkata:

      Pengalaman Astral Projection dan Lucid Dream bisa digali melalui latihan.. AP/LD bisa didekati dengan beberapa metode.. Yang logis/ilmiah dan mistisisme.. Yang logis/ilmiah secara sederhana dengan menulis buku harian/jurnal tentang mimpi. Itu bikin seseorang peka pada mimpi.. Lalu mistisisme, biasanya melalui amalan2 khusus. Pengamal wirid biasanya lambat laun akan mengalami LD.. Pendekatan pada AP juga bisa melalui beberapa metode itu..

      AP dan LD tak masalah dipelajari, tapi itu boleh jadi sekedar kesenangan bagi orang2 yang tertarik pada fenomena saat tidur. Secara pragmatis, belum tentu seseorang mendapatkan keuntungan dari AP dan LD..

      Saran saya rajin2 dzikir dan shalat istikharah saja untuk meningkatkan kepekaan atas realitas. Dengan istikharah, Allah akan memberi petunjuk saat kita terjaga atau terlelap. Banyak pertanyaan dalam kehidupan yang kita peroleh jawabannya dengan istikharah.. Itu lebih bermanfaat untuk menapaki jalan hidup.. Jadikan AP dan LD sebagai hobi saja..

  15. Tagumi Chan berkata:

    wah,sepertiny saya harus mencobnya ini!!!.mungkin bisa menjadi solusi bagi saya yang selalu telat tidur,kerna selalu keterusan menjelajahi dunia maya hingga lupa waktu,padahan setia hari harus bangun pagi.
    mungkin dengan menjelajahi dunia mimpi bisa menggantikan kecandua saya atas dunia maya,sehingga agar bisa selalu segar pabila bangun pagi………

  16. GirL berkata:

    Ak pernah ngalamin kaya gitu. Ak g tau lg nonton apa di stadion bola.. Ekh tiba2 atap2nya menindih pelan2.. Ampe aku ampir kehabisan napas, sesak rasanya. Mau minta tlg suara susah keluar, tapi di mimpi itu aku seorang diri.. Di dalam mimpi itu aku luar biasa ketakutannya karena menahan rasa sakit ga bisa bernapas karena tindihan itu. Aku sadar bgt itu mimpi,Jadi aku paksa terus supaya bisa terbangun sambil baca istigfar di dalam hati, aku bilang “aku ingin cepat bangun ya Alloh” , tapi ini mata sulit sekali dibuka (Mata tuch kerasa bergerak2 ingin membuka tapi sulit sekali kaya di lem).
    Aku belom sampe ke tahap LD, Ak cuma sampe tahap satu, karena takut jd dipaksa untuk bangun..

  17. Nindy berkata:

    Saya sangat kagum jika ada yg berani berbagi pengalaman dan pengetahuan tentang LD. Karena masih banyak orang awam dengan hal ini. Referensi dari saya untuk yg masih ingin tw tentang LD, tonton film Incidious. Itu adalah dampak dan efek yg akan diterima jika menggunakan LD secara berlebihan. Menjadi pengendali mimpi itu susah” gampang, karena bisa dipelajari tetapi resikonya dapat mempertaruhkan nyawa …

  18. abu gosong berkata:

    Dulu hampir setiap malam waktu sma sering banget tindihan !! Kadang2 kaya angin panas dari bawah sampai perasaan ke atap rumah !! Kalau itu gerbang AP harusnya dari dulu aku dah bisa AP !! Sekarang sampai di paksa biar tindihan aja susah banget !

  19. abu gosong berkata:

    Mas barusan aku ngalami LD , apa AP dah namanya !! Pertama dari sore latihan konsentrasi ,, tuk bisa ,, tapi malah Ъќ>:/ bisa2 sampai sakit semua kepala akirnya di bawa tidur ,,,! Malahan tindihan ,,, karena baru aja baca artikel ini ,, ku coba Ъќ>:/ takut ,, dan berusaha bangun bediri ( astalnya aja ) dan aku kok Ъќ>:/ bisa nembus tembok ya !! Dan akirnya keluar rumah belajr terbang gak2 bisa juga !! Dan akirnya !! Dengan rilek bisa ngelayang2 kaya burung !! Tapi waktu turun ΩƔª agak kurang enak !!
    Terus pingin balik dulu ah !! Bener langsung Uϑªh di kamar lagi !! Benerkah itu AP * apa LD. Ɣªήğ pasti kayaknya nyata tapi juga sadar kalau itu mimpi !!
    Gimana biar bisa gampang ngerasain Ɣªήğ begitu lagi mas !! Apa harus selalu tindihan !! Biar bisa lagi ,,

    • M.E. Fuady berkata:

      Biasanya tuk AP butuh proses lebih lama.. Salah satu cara AP memang bisa dengan melakukan konsentrasi pada satu hal. Tertujunya pikiran kita sejak pagi sampe malam pada gambar suatu tempat misalnya, bisa membuat tubuh mengalami AP ke sana.. Sensasi AP beda dengan LD.. Kalo LD kesadaran kita masih ada di dalam diri.. LD itu mimpi yang jelas, kita bermimpi dan sadar kalo kita sedang bermimpi.. “tubuh halus” kita tak kemana-mana..
      Menurut saya, tampaknya yang anda alami masih LD..

  20. Awan berkata:

    Saya barusan alami tindihan…gak enak bgt….sakit semua badan dan lemes…akhirnya gak berani tidur lagi dan searching2 ketemu blog Mas ini….
    Mas saya tuh dr kecil sampe sekarang udh gedhe udh kerja udh pindah2 ke berbagai kota..tetep sering bgt yg namanya tindihan waktu tidur…gak tau knp….dan itu nyiksa banget Mas…karena tindihannya pasti menyeramkan…gak jauh2 dr hantu yg aku liat di mimpi….makanya setiap tindihan selalu berusaha keras cpt bangun dan gak tidur lg…
    Mas gmn sih caranya ilangin yg serem2 dr tindihanku ini…biar bs menyenangkan bisa alami LD kyknyg lain….
    Makasih sebelumnya Mas….

    • M.E. Fuady berkata:

      Orang yang peka terhadap tindihan, biasanya berada di tempat baru, dimana pun, akan mengalami terjadi tindihan.. Dalam perjalanan dinas, pergi keluar kota, menginap di tempat baru, dimana pun sering mengalami tindihan..
      Seringkali terasa menyeramkan.. Kadang muncul sosok hitam, kadang suster ngesot😀, Kadang bahkan kita tak melihat apapun tapi kita yakin ada sesuatu yang mendekat atau menggnggu kita.. Ada/tidak ada penampakkan, rasanya ada..

      Boleh jadi penampakan itu sebenarnya hanya persepsi/pikiran kita saja.. Sebenarnya tak ada apapun, hanya karena kita tidak nyaman dengan situasi tertentu, kondisi tubuh lelah, “pergerakan” otak yang seharusnya tidur, ini malah masih aktif terjaga.. Lalu terjadilah tindihan…

      Tapi bisa pula memang benar2 gangguan jin. Rasanya sangat berbeda. Misalnya, saat tidur/jelang tidur tiba-tiba kita terjaga karena ada sesuatu yang mendekat dengan cepat. Badan kita refleks terbangun, dan terjadi beberpa kali. Boleh jadi yang seperti ini gangguan jin. Wallahu a’lam..

      Seram dan tidak seram itu sebenarnya tergantung persepsi kita.. Yang menyatakan seram/tidak seram hanyalah pikiran kita. Bila terjadi tindihan, ga perlu dilawan, coba tenangkan diri dan relaks, dan alihkan pada pikiran yang menyenangkan.. Jangan digubris kalo ada yang terasa mendekat, ketawa ketiwi dekat telinga, loncat2, karena sebenarnya memang tak terlihat, tak nyata dan anggap saja tak ada..

      Biarkan tidur mengalir dan rasakan tubuh “halus” berguling… Bukan fisik kita yang berputar, tapi pikiran kita yang membuat tubuh berguling… Biasanya ini menjadi awal menuju Lucid Dream… Jaga pikiran untuk tetap berada dalam LD.. Biarkan mengalir saja.. Dalam LD, pengendali mimpi adalah kita sendiri… Dalam LD, bila kita mencoba menembus dinding dan tak bisa melakukannya, berarti masih dipengaruhi pikiran di alam sadar.. Dalam LD, kita dapat melakukannya, abaikan saja pikiran yang membatasi pergerakan dan kemampuan.. Insya Allah..

      Sering-seringlah membuat jurnal tentang mimpi.. Buat tulisan mengenai pengalaman mimpi… Ini membuat kita semakin peka dan dekat pada Lucid Dream…

      Oh ya, jangan lupa sebelum tidur berdoa… Untuk muslim, biasakan membaca ayat qursi, quluhu – annas -falaq… Insya Allah tak ada gangguan jin.. Pesan saya, bila mengantuk, segeralah tidur, dan jangan tidur kalau belum mengantuk..😀

  21. mario berkata:

    Pak dosen ijin sharing, nama saya mario.. Sejak kelas 6 sd saya sering mengalami fenomena tindihan sampai sekarang..biasanya 6 sampai 8 kali setiap bulannya… Umur saya sekarang 29 tahun.. Fenomena tindihan yang saya alami semuanya menyeramkan persis seperti yang telah dijabarkan di atas.. Setelah browsing2 saya menemukan blog ini.. Akhirnya saya mencoba untuk rileks pada saat saya mengalami tindihan… Dan hasilnya saya menyadari saya sedang berada dalam alam mimpi… Menyenangkan sekali rasanya.. Terbang dan bisa melakukan apa saja yang saya mau… Itu fenomena lucid dream yang pertama saya…

    Hingga suatu saat saya mengalami lucid dream yang kedua.. Kejadiannya baru baru saja sekitar tanggal 30 des 2012… Saya melakukan hal hal yang saya sukai.. Terbang, ketemu dengan wanita idaman, hingga berbuat hal hal iseng dan hal hal yang ‘gila’ karena saya tahu ini hanya mimpi..

    Hingga akhirnya saya diburu oleh ‘orang’ semacam polisi mimpi yang membuang saya dari alam mimpi sehingga saya terbangun. Fenomena ‘dibuang dari mimpi’ terjadi 2 kali.. Tanggal 30 des dan 1 januari…

    Terima kasih pak dosen…

    • M.E. Fuady berkata:

      Nice share…😀
      Dalam mimpi pun, ternyata manusia terikat oleh etika.. Meski kita mengabaikannya, tetap saja kadang ada dilema dan rasa malu bila melakukan ‘sesuatu’🙂

  22. Gsp3rmSony berkata:

    Salam dari Malaysia,
    Saya ingin bertanya adakah kebiasaan untuk kita merasa seperti “nyawa” kita terlepas dari jasad saat selepas saja “tindihan” berlaku? Kerana ini yang terjadi pagi tadi di saat saya ingin tidur pulang dari kantor. Saya tidur mengereng, dan saat tindihan itu berlaku, saya dapat merasakan “tubuh” saya terlepas dari tubuh asal. Masa itu saya amat takut kerana bisa melihat seperti saya jatuh dari tempat tinggi dan kawasan juga menyeramkan. Saya cuba untuk melihat tangan saya, dan tangan saya bisa diangkat..Saya juga cuba untuk menjerit dan saya berjaya untuk menjerit tetapi dalam mimpi. Kemuadian saya berusaha untuk bangun kerana ketakutan. Apabila saya berjaya bangun dan cuba untuk tidur semula, perkara sama berlaku tapi hanya sampai tahap “tubuh” seperti ditarik dari tubuh saya..Adakah ini sebahagian dari LD atau bagaimana??mohon pencerahan..

    • M.E. Fuady berkata:

      Dalam Lucid Dream, nyawa tidak terasa terlepas.. Kalau “tubuh halus” serasa memisahkan diri dari tubuh kasar, itu memang iya.. Tapi kita tetap berada di alam mimpi, dan kita mengendalikan mimpi tersebut..

      Bila kita merasa tubuh kita yang lain keluar dari badan, lepas lalu melayang pelan, berputar mengelilingi tubuh yang sedang diam, kita melihatnya lalu pergi keluar rumah menuju tempat tertentu, lalu kembali lagi pada tubuh, itu Astral Projection… Bedanya, kita tidak sedang berada di alam mimpi…

      Astral Projection sering terjadi pada orang yang sangat berkonsentrasi terhadap suatu hal.. Misalnya di depan konputer mengerjakan sesuatu, memandangi tempat tertentu, entah itu atap rumah dari google earth, bulan, atau tempat lainnya, itu dapat menuntun anda pada Astral Projection..

      Bila ada yang menarik tubuh ke belakang seperti disedot sesuatu, ada yang menaikan tubuh ke tempat tinggi, lalu menjatuhkan anda seperti naik jet coaster, dijungkirbalikan, diputar-putar di udara namun anda tidak sedang bermimpi, itu bukan Astral Projection… Biarkan saja karena itu bisa menjadi perjalanan spiritual anda saat tidur.. Mungkin anda akan merasakan pengalaman spiritual yang selama ini belum anda temui saat tidur.. Kuncinya, ikuti saja.. Jangan dilawan dan mencoba bangun.. Biasanya anda akan menyaksikan sesuatu yang belum pernah anda lihat… Insya Allah…

      Semoga bermanfaat..

      Wallahu a’lam..

      • Tintus Syaputra berkata:

        mas setelah saya membaca balasan yg ini. saya juga pernah mengalaminya, pada awalnya terjadi tindihan karna saya sudah biasa maka saya berusaha untuk lepas atuhmenjatuhkan diri, dan itu berhasil,, saya bsa lepas dan bisa berjalan keluar ruangan, namu pada saat balik badan saya melihat diri sendiri dalam posisi tidur.. setelah bberapa langkah keluar ruangan, saya malah balik lagi ke posisi tidur,, namun masih bisa keluar . dan itu berulang2, mungkin sekitar 5-6 kali saya bisa berjalan keluar namun seperti tertarik kembali ke posisi tidur semua.
        yang mau saya tanyakan itu lucid dream atau hal yg berbeda??? karna setelah kejaidian itu setiap tidur di tempat yg sama saya pasti kena tindihan dan sedikit mengganggu buat saya…

      • M.E. Fuady berkata:

        Itu masih Lucid Dream.. Hanya saja kemampuan mengontrol LD harus dilatih.. Biasanya semakin sering semakin dapat mengontrolnya.. LD itu harus alon-alon, pelan, dapet feel-nya agar tidak jatuh pada tidur yang sebenarnya..

      • Tintus Syaputra berkata:

        apa ada cara untuk tidak terkena tindihan? karna setiap tidur dan di akhir mimpi pasti susah bangun/terkena tindihan, karna buat saya kurang nyaman pada bangun tidur..
        terima kasih

      • M.E. Fuady berkata:

        Biasanya tindihan itu terjadi di tempat2 baru, atau saat mengantuk tp tidak segera tidur, dan secara psikologis merasa akan terkena tindihan.. Saran saya, biarkan aja, tak usah berontak bila ada tindihan.. Setelah terbiasa/terlatih, fase tindihan bisa dipotong.. Lebih mudah LD-nya..

  23. Gian berkata:

    ssaya pernah mimpi dikejar hantu, dan saya tau kalau sy sedang mimpi, tp kok tetap aja keceppatan lariku lambat banget??

    • M.E. Fuady berkata:

      Karena pikiran qt yang membatasi gerakan.. Saat LD saya coba nembus tembok, eh ga bisa.. Sy sadari itu karena pikiran qt terbelenggu oleh hukum kl qt tak bisa menembus benda padat.. setelah sy ubah cara berpikir, sy yakin bs tembus coz sedang ada d alam mimpi, langsung deh tembus… Tapi rasanya agak aneh..🙂
      Kl sadar bhw dikejar hantu itu adalah mimpi, jgn terjebak pada PAKEM kl kita yang dikejar & lambat pula larinya.. Pikiran & hati diselaraskan.. Balik badan dan tonjok hantu sekuatnya… Mosok qt terus yg dikejar.. Sesekali gantian, hantunya yg qt kejar..🙂

  24. Harry berkata:

    usia saya 16 tahun, dulu saya sering mengalami tindihan, tapi akhir akhir ini sudah jarang (terakhir itu terjadi beberapa hari yang lalu). saat tindihan berlangsung, saya selalu berusaha untuk bangun karena takut dan panik terjadi apa-apa pada saya. dan sekarang, setelah searching ke google dan nemu blog ini, ternyata tindihan bisa membawa ke lucid dream.
    saya mau nanya, ada beberapa pertanyaan yang mau saya tanyakan :
    1) kalo lagi tindihan, mata saya terbuka dan bisa melihat di sekitar saya (walaupun tidak sepenuhnya terbuka). bagaimana caranya supaya bisa masuk ke lucid dream? apakah harus tetap terbuka, atau menutup mata seperti akan tertidur kembali? soalnya pernah juga, pas tindihan, pernah ada niatan buat tutup mata, pengen tau apa yang bakal terjadi. tapi saya takut lakuinnya, takut kenapa kenapa.
    2) apakah lucid dream itu berbahaya? ketika kita berada di lucid dream, dijelaskan kalau kita bisa mengendalikan mimpi kita, artinya kita bisa melakukan hal apapun yang kita mau. kalo kita melakukan hal-hal yang berbahaya, seperti membunuh diri sendiri di mimpi tersebut, apakah kita menjadi benar-benar terbunuh (membunuh diri sendiri) ?
    3) apakah sebelum masuk ke lucid dream, kita selalu mengalami tindihan terlebih dahulu?
    4) bagaimana caranya kalo kita mau keluar dari lucid dream, dan bangun dari tidur?
    terimakasih sebelumnya atas jawabannya, dan terimakasih telah memberikan informasi yang sangat menarik ini🙂

    • M.E. Fuady berkata:

      Apabila sedang tindihan, badan rilekskan saja.. Tak usah berusaha untuk bangun.. Tutup mata, biarkan mengalir, kuasI diri tuk tetap tenang, abaikan perasaan takut.. Kl terasa ada getaran, atau tubuh berguncang biarkan saja.. Pasrahkan, lambat laun akan masuk ke LD.. Jangan lupa selalu menulis pengalaman ttg mimpi.. Itu yg membantu kita mengenali dan menyadari sedang dalam mimpi/bukan..

      Untuk memasuki LD, tidak selalu melalui tindihan. Bagi yang sudah terbiasa, jelang tidur ada sensasi tertentu.. Terasa saat kantuk datang.. LD ada yang disengaja & alami dengan sendirinya..

      Lucid Dream tidak berbahaya.. Ada sensasi yang khas.. dapat menjadi pelepas ketegangan melalui pengalaman unik..

      Meski dapat melakukan banyak hal dalam mimpi, menurut saya ada etika/pakem tak tertulis dan nurani.. Jadi mencoba bunuh diri dalam mimpi rasanya tetap menjadi perbuatan tak layak dilakukan.. Hasilnya apakah kita akan terbunuh/tidak, sy belum pernah mencobanya🙂 Sebaiknya jg tak dilakukan..

      Lucid dream tak selalu berlangsung lama. Saat LD lambat laun kita akan masuk ke dalam tidur lelap/sebenarnya.. Menjaga ritme untuk berada di LD tak semudah membalikkan tangan. Kuncinya hanya menjaga otak agar tak masuk ke dalam tidur lelap atau terjaga dari tidur yang berarti keluar dari LD..

      Sekali lagi, biasakan menulis pengalaman ttg mimpi.. Itu akan menuntun kita lebih mahir menjelajahi mimpi..

      • Harry berkata:

        tapi kalo misalnya mengalami LD secara berlebihan (setiap habis tindihan masuk LD), itu berbahaya bagi kesehatan atau keselamatan jiwa gak, kak?

      • M.E. Fuady berkata:

        LD bukan aktivitas berbahaya/terlarang, dsb.. Itu aktivitas biasa saja sebagaimana kita tidur dan bermimpi.. Ada mimpi dalam tidur lelap, ada pula mimpi dalam tidur yang kita sadari kalo kita sedang bermimpi..

        Saat itulah kita bisa menjelajahi mimpi sesuai dengan keterbatasan waktu yang kita miliki dalam dunia mimpi..

        Selamat memasuki Lucid Dream..

  25. menarik juga infonya, sejujurnya, seumur-umur saya belum mengalami tidur ketindihan seperti yg banyak dialami kebanyakan orang, entah mungkin saat saya masih kecil dan saya lupa, saya gak tau.
    lalu ayat al quran atau hadits manakah kira2 yg menerangkan atau sedikit menyinggung tentang lucid dream atau astral projection? mungkin gak ya ada?
    lalu tentang tidur tindihan, banyak yg bilang kalo tidur tindihan bisa aja mengancam jiwa pada kematian, bagaimana menurut anda?

  26. joko edan berkata:

    gw kalau mau AP juga sering tindihan. kanan kiri ada sesuatu yg memegangi gw. yg sebelah kanan sering mencakar gw.

  27. Hasbie Al-Aziz berkata:

    Mau nanya nih pak, ketika saya mengalami LD seringkali saya mengalami false awakening, tapi seringkali juga saya melihat diri saya sedang tertidur. Apa yang sebaiknya saya lakukan? soalnya setelah saya melihat diri saya sendiri, saya sedikit ketakutan dan akhirnya mencoba tidur seperti biasa kembali.

    • M.E. Fuady berkata:

      Ga ada masalah.. Kadangkala kita lihat diri kita yang tidak sedang dalam kondisi tidur terlelap.. Kita melihat diri kita sedang duduk bersila beberapa jengkal di atas tempat tidur.. Itu bukan halusinasi, tapi istilahnya terbukanya mata yang lain, mata ketiga..

  28. ketoprak berkata:

    mas saya mau nanya apa yang saya alami ini LD/AP .
    ketika saya mw tidur tiba” tubuh saya seperti ada yang menindih dan tubuh saya susah untuk bergerak pada saat itu saya berpikir itu jin yang mengganggu saya tudur, saya berusaha untuk melepaska dri tndihan trsbut dan akhirnya saya merasa melayang” gtu . ktka saya sdang melayang” tiba-tiba ada makhluk yang sangat tinggi tubuh kurus tangan sperti habis terbakar, mukanya gk terlalu jelas kelihatan. anehnya saya tidak takut pda makhluk itu, malah saya bicara pada makhluk itu ” eh lu yang ganggu gw tidur ya, kurang ajar lu” saat saya bicara gitu tiba tiba dia nonjok saya mas sampe saya mental ke lantai, tapi anehnya gk ada rasa sakit, stlah saya jatoh trus saya ditendang. dan akhirnya saya melawan , saya tojok diajatoh trus ktka pngen saya tonjok lagi eh akirnya saya bangun dri tdur saya .

    mohon jawabannya ..

  29. DEWA TIMUR berkata:

    gw kalau tindihan, kanan kiri gw spt ada yg memegangi gw. yg sblh kanan biasa nya mencakar gw. gw pernah pegang badan dan lengan jin itu cuma tulang.

  30. Fahmi berkata:

    saat itu saya sedang bermipi lalu tiba” saya menyadari bahwa saya sedang bermimpi,,
    tapi saya tidak bisa terbangun, dan saya juga tidak bisa mengendalikan pikiran saya .
    saya bisa mengubah barang maupun kota, bahkan saya bisa pergi ke langit padahal saya hanya membuka pintu dan langsung melayang di langit
    Apakah itu yang di maksud Dream bender

  31. royadi berkata:

    kalau kesusahan dalam tindihan harus apa ya supaya dapat tindihan masalah nya agak sulit kalau mau tindihan tolong saranya

    • M.E. Fuady berkata:

      Paling mudah tulislah diary/jurnal tentang mimpi. Setiap bangun tidur, tulislah pengalaman mimpinya. Itu membuat kita lebih mudah mengenali mimpi. Kita akan menyadari saat bermimpi.

      Bila melalui tindihan, rileks saja. Ikuti alur dan gulingkan “tubuh” halus untuk masuk ke Lucid Dream.

      • royadi berkata:

        oke sip saranya tapi apakah dalam mimpi kita dapat join ke mimpi orang yang di adegankan dalam film inception ?? tolong pencerahannya insya allah dapat membantu saya.

  32. anak tmg berkata:

    saya mengalami tindihan sudh berkali” ,
    bahkan saya sudh trbiasa
    tpi sya blum tw ttg ld
    prtamanya saya sngat tkut
    kya ada yg mnganggu saya
    saya mau nanya
    apa tindihen tu ada sangkut pautnya dg kodam
    atau jin. . . ?
    tpi saya prnah brtnya sma tman saya yg bsa menerawang
    ktanya ada kodam kkek saya yg mengikuti saya
    apakah itu bnar. . . ?
    saya prnah mau smpe ld
    tpi syngnya saya mlah trtidur pulas

    • M.E. Fuady berkata:

      Dalam beberapa kasus, memang ada kaitan dengan khodam, jin, atau bacaan2/amalan wirid tertentu.. Wirid2 menyelaraskan otak pada frekuensi tertentu yang memudahkan seseorang ke tingkat spiritualitas tertentu.. Makanya mudah terkena LD…

  33. ganjar turizki berkata:

    kang mau nanya, apa dampak negative nya dari AP ataupun LD? terimakasih

    • M.E. Fuady berkata:

      Menurut saya nggak ada dampak negatifnya.. Itu sekedar aktivitas di sela atau jelang tidur.. Hanya saja, kalau terlalu fokus pada hal2 seperti itu, bisa2 kita mengabaikan aktivitas lain yang lebih penting.. Kadang kalau terlalu “ngulik” AP atau LD, cara berpikir terlalu mistis, klenis.. Mengabaikan rasionalitas..

  34. ismarini berkata:

    Kalau mengatur mimpi yg sifatnya ringan2 sih sering rasanya fun & riil emang, tapi kalau dapat mimpi yg bikin badan lumpuh roh rasanya udh ga bisa mengkontrol jasad lagi jadi bisa pergi dari jasad sendiri itu nyeremin bisa melihat ruangan di sekitar kita, perabotan2, orang2 rumah lg ngapain, tapi mahluk2 halusnya jg keliatan semua bahkan yang ada di luar rumah bisa ngeliat bentuknya jelas, ada yg berusaha berkomunikasi ada juga yang cuma ngeliatin saya, takut, kalau ingin menghilangkan kemampuan ini gimana ya?

    • M.E. Fuady berkata:

      Untuk membatasi kemampuan seperti itu, bila biasanya mengamalkan wirid tertentu, niatkan itu sebagai bentuk zikir kepada Allah, bukan untuk mendapatkan kemampuan linuwih.. Bila kemampuan diperoleh tanpa dipelajari, yakini itu sebagai sebuah kebaikan yang bisa dimanfaatkan untuk kebaikan..

  35. Kim berkata:

    aku setiap mimpi pasti ld dan selalu sadar pas di mimpi itu aku tuh lg mimpi dan selalu ngendaliin mimpinya mau ngapain aja. gimana cara berhentiin ld?!

  36. Iqbal Muhammad berkata:

    Kang, belakangan ini saya sering tindihan/eureup-eureup. Waktu itu saya ngerasa kalau saya sadar sedang terbaring di kasur kemudian saya merasakan (tdk melihat/menoleh) ada seorang cewe disamping saya dan tiba-tiba dia membaca “audzubillahiminasyaiotonirojim”. Saya merasakan takut sekali waktu itu dan saya berusaha menggerakan tubuh saya, tp saya hanya bisa menggerakkan telunjuk saya. Sampai akhirnya saya bisa menggerakan tubuh saya dan langsung menunjuk wanita itu sambil teriak “aing teu sieun ka sia setan” (karena mainset saya waktu itu saya mengira itu jin” Kemudian wanita itu pun pergi sambil membawa entah buku/al qur’annya ke kamar mandi di depan pintu kamar saya yg pd saat itu pintu kamar saya terbuka. Saya ingin tau lebih dalam tentang lucid dream kang

  37. Lady Modrus berkata:

    Mimpi saya tiap ld sangat sederhana, cuma jalan2 di sekitar rumah aja. tp berhubung menyadari kalo saya sedang bermimpi, rasanya malah wow bgt😀
    tp saya punya sedikit kendala, terkadang tiap menyadari sebuah mimpi, saya malah terbangun. pernah juga waktu sehabis tindihan saya bukannya masuk ke alam mimpi tp malah bangun dgn sendirinya. Terkadang pula saya malah mengalami tindihan di tengah2 mimpi sadar kemudian setelah itu langsung terbangun. itu knp ya, pak?😦
    ini beberapa pengalaman saya dgn kendala2nya >> http://super64savior.wordpress.com/library/lucid-dream-journal/ harap bantuannya, pak. soalnya saya masih pemula…

  38. alyafakhirarasul berkata:

    waktu itu aku kan mimpi, tapi aku sadar itu mimpi, habis itu aku bisa bernafas dalam air yeay, ternyata ld itu asik ya haha

  39. ifah berkata:

    Gan mau tanya lucid dream. Pas kelas 6 sd sering dejavu selama 1 minggu. Trs saya ngerasa biasa aja sih. Setelah kejadian itu saya sering tidur ketindihan sampe skrg udh kuliah. Kayanya hampir tiap malem. Saya suka ngelawan kalo tindihan itu. Nahh nanti tindihan lagi. Sampe berkali2 saya pikir mau mati. Saya cape mengelak ga sadar udah tidur. Mungkin itu lucid dream? Tapi emang setiap mimpi saya selalu inget tiap malem sampe saya cerita keorg tua. Ketemu kakek yg udah meninggal ketemu sahabat lama yg udh ga ada kabar. Berhub suami istri sedangkan saya ga tau itu orgnya siapa masi smp wkt itu mimpinya nonton film blue ga pernah. Smpe ketemu papanya pacar yg udh meninggal._. Saya mau cek psikolog krn takut. Tapi papa saya blg itu kalo tidur ga baca doa. See sampe skrg masi. Saya baru liat artikel digoogle tentang mimpi aneh. Keluar lucid dream. Tapi mungkin ga lucid dream itu bisa 5 hari dalam 1 mggu bahkan 1 minggu full bisa? Terus ini namanya alami lucid dream apa ngak? Bahaya ga kalo kaya gini.So surely saya masi takut sampe skrg.

    • M.E. Fuady berkata:

      Saya termasuk yang meyakini kalo Dejavu itu warisan ingatan dari orang tua/nenek moyang kita dulu.. Ada bagian dari ingatan mereka yang secara genetis diwariskan pada kita.. Makanya kita kadang merasa pernah berada di tempat tersebut, atau mengenal seseorang padahal belum pernah bertemu.. Secara ilmiah sih perilaku manusia itu dibentuk oleh lingkungan (environment) dan warisan (heradity).. Jadi artinya, ada bagian dari perilaku dan kesadaran mereka yang diwariskan pada kita…

      Dejavu beda dengan yang namanya prekognisi (precognition), kita tahu sebuah peristiwa sebelum itu terjadi.. Seperti melihat lintasan peristiwa yang akan terjadi..

      Dalam Lucid Dream, kita menyadari kalo kita sedang bermimpi.. Kita sadar kalo kita ada di dalam mimpi dan kita mengendalikan mimpi tersebut.. Kalo kita tidak menyadari kalo kita sedang bermimpi dan tidak mrngendalikan mimpi seperti keinginan kita, itu bukan Lucid Dream.. Itu berarti Ifah tenggelam pada tidur yang lelap..

      Lucid Dream bisa menghadirkan siapa saja yang kita mau dan melakukan apa pun.. Dan LD tidak berbahaya, itu seperti sebuah seni dalam mengendalikan mimpi..

      Biasanya orang yang suka bermeditasi, membaca amalan/wirid tertentu, atau punya kakek/nenek yang telah meninggal dan mempelajari ilmu kesakten, mudah terkena tindihan dan mengalami Lucid Dream..

      Tak usah khawatir, LD cukup menyenangkan didalami.. 🙂

  40. perempuan surga berkata:

    tindihan jika dilanjutkan apa bisa membuat kita kehilangan nyawa? dan apakah AP juga begitu, bisa membuat kita meninggal?

  41. Nugraha berkata:

    Saya pernah mengalami lucid dream. tetapi suatu saat ketika saya mengalami tindihan, saya tiba2 terbangun dan pandangan saya sangat buram. ketika saya berusaha untuk melihat lebih jelas, saya melihat hal hal gaib dan seketika saya sadar saya sedang berdiri di ruang tamu. padahal, saya tidur di kamar. Dimohon penjelasannya

  42. apa perbedaan antara lucid dream dan astral projection?
    terimakasih😉

    • M.E. Fuady berkata:

      Lucid Dream adalah kondisi dimana kita sadar dalam alam mimpi.. Kita menyadari kalo kita sedang bermimpi dan mimpi itu jelas.. Kitalah yang mengendalikan mimpi… Astral Projection tidak sedang bermimpi… AP terjadi saat tubuh halus kita memang keluar dari tubuh dan bepergian untuk sesaat…

  43. okta berkata:

    gan malam tangal 23 oktober 2014 kira-kira jam 21 lewat gitu saya merasa ada seseorng yang benar-benar ingin mengajak saya berbicara,saya agak gelisah,antar tidur atau tidak,tapi mata sebelah melihat,saya nya tidur miring,dan saya benar-benar meliat tangan di atas kepala saya tembus pandang seolah-seolah tangan itu mau menyentuh kepala saya,dan suara pu berbisik saya ngak tau bahasa apa, saya mencoba berbicara tidak bisa,tolog kasi penjelasan gan.Terimakasih

  44. iin berkata:

    wah saya sering tuh lucid dream. memang sangat menyenangkan jadi sutradara dalam mimpi sendiri, seru bangett. ngendaliin tindihen, bisa jalan-jalan kemanapun bahkan ke alam yang berbeda, bisa menang saat berkelahi, bisa kompromi dan janjian sama makhluk yang ditemuin dimimpi. setelah bangun rasanya lelah kyk benar2 berpetualang.

  45. Vetrichia Maria berkata:

    hi ka. Aku sering ketindihan semalam bisa 3 kali.. Proses mau bangunya itu kaya abis nyelam diair. Satu malam aku cape habis ngerjain tugas, langsung blek tdr gitu saking gatahanya. Ehh galama berselang aku ketindihan gitu nyoba mau bangun tapi susah, lama-lama badang aku rasanya bergetar semuanya aku sambil buka mata sedikit gitu. Saking gatahannya aku paksa bangun. Itu kenapa ka?

  46. biasanya bisa terjadi berapa kali dalam mimpi sesrorang gan?
    terimakasih😉

  47. veriska.com berkata:

    seperti apa gerbang yang di maksud gan?
    makasih😀

  48. Rizqi Tamami berkata:

    Bang mau tanya..
    Apa bener kalo pas terjadinya tindihan terus kita gak perlu ngelawan untuk bangun itu gak ada risikonya baik dari segi agama maupun sains ?
    Soalnya saya sering takut aja kalo udah terjadinya tindihan itu.
    Mohon jawabannya segera🙂

    • M.E. Fuady berkata:

      Ga apa2.. Santhai aja… Tenang dan ikuti alurnya… Atur nafas.. Meski kita ngerasa ada yang aneh2, ga usah takut… Jaga kesadaran ke level penguasaan mimpi…. Jangan lupa sering menulis ttg pengalaman mimpi2nya (jurnal mimpi).. Good luck..

  49. handoko berkata:

    sya melewati LD tanpa harus rileks saat tindihan. klo tindihan sya lebih sering rileks untuk bangun bukan untuk lanjut ke LD. tapi 3 tahun lalu saya pernah tindihan dari melihat bayangan putih sya ubah jadi bentuk pocong lalu saya ubah lagi jadi bentuk mbk kunti, tpi sya msh sadar kalo tbuh sya msih tindihan, jdi sebenarnya sya sudah masuk LD ya? sjak saat itu tdak pernah tindihan lagi tpi ttap LD.

  50. anya berkata:

    gini bukan sih.. rasanya kaya melayang, kaya ada guncangan semacam gt. terus suaranya kaya suara kenceng, yg pertama saya fikir mungkin rotasi bumi? wk. tapi beneran serem. terus sesak, terus ga bisa gerakkin apapun?

  51. bucekjo berkata:

    Wah… akhirnya bisa nemu artikel ini. Saya kira hanya sy saja yg mengalami kejadian seperti ini, “mimpi yg sadar” begitulah saya menyebutnya. Sehingga sy pernah sharing ke bbrpa teman, mereka bilang sy gila. Tapi ini adalah kenyataan, dimana saya dari kecil mmg sudah mengalami hal seperti diatas, dan ttp mencari tau kenapa bisa seperti itu.
    Kadang kejadian tsb muncul ketika badan saya dalam keadaan capek, ketika badan saya sdh ngantuk dan seperti ada tarik menarik antara tidur dan terjaga, yg rasanya lumayan sakit ketika akan melewatinya. Tetapi, ketika sudah melewatinya, fikiran kt sadar bahwa kt di alam yg lain pdhal kt sedang tidur, dan makin sering berada di alam itu, kt bs mengangkat tubuh kita sendiri dengan cara mengontrolnya krn fikiran kt mmg sadar. Pliss deh… sharing lebih lanjut, kejadian beginian selalu menghantui kehidupan sy sejak dari kecil. Tapi alhamdulillah saya msh bs mengontrolnya ketika saya ingin kembali ke tubuh saya. Dan itu merupakan ketakutan saya seumur hidup.

  52. dikwanto berkata:

    aku sudah lama mengalami tindihan, 2 tahun terakhir ini justru memang aku sengaja bisa dan masuk ke sana tapi aku belum bisa sampai pergi lebih dari 200 meter dari tempat saya tidur.

    Ada yang unik 3 sampai 5 kali ada yang pernah melihat saya di tempat berbeda secara nyata, padahal sya tidak merasa di tempat itu pada waktu yg sama ….. apakah ini ada hubungannya ya dengan LCD ini?

Tinggalkan Balasan

