Komputer Multimedia : Sebuah Pengantar

Beberapa waktu lalu, media massa memberitakan adanya kejanggalan dalam penerimaan CPNS sebuah beberapa daerah. Ada beberapa peserta tes PNS yang lulus namun setelah ditelusuri, orang itu lulus di dua tempat. Peserta itu ternyata juga tak mengikuti tes CPNS. Mengherankan….🙂

Pihak panitia menyatakan bahwa ada data processing error.. Artinya terjadi kesalahan memproses data. Padahal sebagai alat untuk memproses data, komputer tak mungkin melakukan kesalahan, karena berlaku “aturan” GIGO. Garbage In Garbage Out, Gold In Gold Out. Kalau yang dimasukkan sampah hasilnya sampah, kalau yang dimasukkan emas hasilnya pun emas. Maksudnya, komputer tidak mungkin melakukan kesalahan memproses data bila data yang dimasukkan sudah benar. Bila hasilnya salah, itu adalah kesalahan dalam memasukkan data.

Apakah komputer bisa melakukan kesalahan megolah data..? Seharusnya tidak, namun ada kondisi yang memungkinkan terjadinya itu. Misalnya karena adanya virus, perangkat lunak tak memadai (versi terlalu rendah/sistem yang dibuat salah), perangkat keras tak layak (aus/rusak), kesalahan menggunakan perangkat lunak, intervensi manusia (hacking), dsb. Artinya, kesalahan pengolahan data dari manusia tak lepas dari intervensi manusia (human error) dalam memasukkan data dan menggunakan perangkat komputer. Kesalahan itu bisa terjadi saat input sehingga data yang diproses keliru.

Sistem Pengolahan Data yang Telah Dikembangkan (Sumber, : Jogianto, 2000)

Memang komputer memiliki beberapa keunggulan dibanding manusia namun di sisi lain manusia juga lebih unggul, di antaranya :

Perbandingan antara Komputer dengan Manusia

Untuk bahan UTS Komputer Multimedia, selain mengandalkan catatan, penjelasan dari dosen dan wawasan, anda bisa buka link:

  1. http://www.facebook.com/album.php?aid=2050327&id=1050355514
  2. https://imultidimensi.wordpress.com/2010/07/19/media-sosial-dan-etika-komunikasi-2/

Selamat membaca.. Andalkan kejujuran dan percaya diri, semoga UTS lancar🙂

Tentang M.E. Fuady

ME. Fuady adalah dosen Fikom Unisba. Penulis memiliki minat pada banyak hal seperti makanan, tempat kuliner, komik, film, musik, dorama, tokusatsu, ilmu komunikasi, public relations, teknologi komunikasi, agama, mistik, supranatural, dan semuanya berbaur dalam blog IMULTIDIMENSI.
Pos ini dipublikasikan di Teknologi Komunikasi. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s