Tugas UAS mahasiswa Komunikasi Politik

Buatlah sebuah laporan untuk tugas UAS Komunikasi Politik. Laporan ini berupa dokumntasi dan wawancara audio visual  mengenai tema-tema komunikasi politik/aspek sosal kemasyarakatan yang penting untuk diketahui publik.

Dalam tugas ini anda harus menyertakan wawancara dengan 3 (tiga) pihak (TRIANGLE) : masyarakat luas (general publik), pengamat/pihak yg memperhatikan masalah tersebut (publik atentif),  birokrat yg berwenang (publlik kepemimpinan). Dalam konteks masalah tertentu, dua pihak saja yang diwawancarai diperkenankan, asal publik general lebih diperbanyak untuk mendapatkan alternatif opini dari publik.

Sebagai contoh, misalnya anda mengangkat topik tentang jalan rusak di kota Bandung, Anda dapat telusuri lapangan, mana saja jalanan yang rusak (visualisasi). Gali fakta di lapangan, sudah berapa lama rusak, bahaya jalanan yang rusak, siapa pihak yang berwenang menangani, kenapa tak segera diperbaiki, apa kendala yang dihadapi pemerintah dalam memperbaiki jalan, dll..Lakukan wawancara dengan publik/pengguna kendaraan roda dua dan empat mengenai kasus yang anda angkat itu. Wawancara juga dengan pihak yang ahli (teknokrat/akademisi) dalam masalah jalan dan perbaikan. Terakhir, agar cover both/many sides, wawancara juga dengan pihak yang berwenang (pemerintah) menangani itu.

Diperkenankan untuk mengangkat tema yang sama namun untuk pelaporan tetapi bersifat INDIVIDUAL, isi laporan akan berbeda karena angle setiap orang berbeda.  Teman anda yang lainnya dapat anda mintai bantuan untuk merekam gambar saat anda tampil memberikan pengantar atau wawancara.ITU MEMPERMUDAH pengerjaan tugas.

Bagaimana dengan alat/fasilitas? Minimal gunakanlah handycam/camcorder. Manfaatkan fasilitas yang anda/teman anda miliki, saling bantu dalam membuat tugas ini.Bahkan dengan handphone pun, bila tak ada perangkat lainnya, saya perkenankan, asal gambar dan suara jelas.

Durasi tak ditentukan maksimal berapa menit, yang pasti wawancara dengan tiga pihak saja dapat menghabiskan waktu minimal lebih dari 15 menit (@5 menit).

Mengingat tugas tersebut tidak ringan dan harus berbobot, kompensasinya adalah libur untuk beberapa pertemuan akhir Jadi anda lebih leluasa dalam mengerjakan dan menyelesaikan tugas tersebut.So, tak ada keluhan dalam menegerjakan tugas ini karena waktunya sangat luang.

Tugas ini saya berikan pada mahasiswa Komunikasi Politik sejak angkatan 2000 sampai sekarang. Bila kakak angkatan anda fine2 saja diberikan tugas seperti ini, anda pun tak mesti ngedumel, mengeluh apalagi sewot. Herman banget bila anda mengeluhkan tugas itu.

Untuk editing, yang paling sederhana gunakan saja Windows Movie Maker (WMM). Atau seperti yang pernah anda pelajari di kelas praktikum, gunakan Premiere atau Pinnacle.  Bagi siapapun, WMM sangat mudah dan simple.

Sekali lagi waktunya sangat sangat luang. Saya berikan keleluasaan untuk mengerjakannya (praktek) jauh hari dengan kompensasi matkul ini kita liburkan beberapa kali pertemuan.

Bila masalah yang anda angkat bukan aspek komunikasi politik tetapi sosial, orang akan bertanya mana kaitannya dengan komunikasi politik? Saat anda dokumentasikan itu dalam sebuah media dan dikomunikasikan, di situlah keterkaitannya dengan komunikasi politik.

Kumpulkan tugas ini pada saat UAS dalam bentuk CD/DVD. Tak ada toleransi keterlambatan.

Semoga tugas tersebut melatih sense of crisis atau kepekaan sosial anda. Semoga anda menjadi mahasiswa-mahasiswa yang struggle, tangguh.. Amin..

Tentang M.E. Fuady

ME. Fuady adalah dosen Fikom Unisba. Penulis memiliki minat pada banyak hal seperti makanan, tempat kuliner, komik, film, musik, dorama, tokusatsu, ilmu komunikasi, public relations, teknologi komunikasi, agama, mistik, supranatural, dan semuanya berbaur dalam blog IMULTIDIMENSI.
Pos ini dipublikasikan di Komunikasi Politik. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s