Power of Green : Peduli Lingkungan ala Mahasiswa

Rasanya energi sangat terkuras. Setelah kemarin bike to work dan nongkrong ampe sore di sekretariat pendaftaran Funbike, malamnya istirahat cuma sebentar. Biasa, facebookan mengganggu jadwal tidur🙂 Aktivitas dilanjut dengan nonton final Liga Champion, Barcelona VS Manchester United, Minggu dini hari, yang hasilnya kita tahu sendiri, MU kalah telak 1-3 .. !! :(  hiks.. hiks.. Yah, apa mau di kata, sudah jelas kalah, realistis aja, kita harus kembali ke aktivitas sehari-hari🙂

Makanya tadi shubuh langsung lanjut ngegowes ke Car Free Day (CFD) Cikapayang, Dago. Di sono sudah menunggu mahasiswa yang tergabung di Hima PR Fikom Unisba. Mereka bikin event “Power of Green”, sekalian bantu dosen-dosen Fikom promosi pendaftaran “Funbike Fikom” yang akan digelar 5 Juni. Demi dua acara itu, lelah juga nggak dirasa🙂 (*padahal kemaren aja pas pergi hampir nge-blank, hampir-hampiran pingsan, terlalu semangat ngayuh sepeda :D)

Sejak pukul 4 pagi panitia “Power of Green” (POG) sudah standby di Dago. Katanya, kalau lebih siang, bisa-bisa tempat event disabot orang.. :)  Jadi harus standby sepagi mungkin di TKP, sekalian menyiapkan semua perlengkapan kayak stand, spanduk, sound system, dll. Tempat yang dipilih panitia sangat strategis. Tepat di seberang BCA Dago, pas belokan Cikapayang. Itu jadi “pintu masuk” semua orang yang akan memasuki area CFD.

Acara “Power of Green” (POG) yang digagas oleh Hima PR ini adalah bentuk kepedulian mahasiswa terhadap kualitas kesehatan manusia dan lingkungan yang semakin hari semakin menurun. Polusi kendaraan bermotor, penggunaan energi listrik dan alat rumah tangga secara berlebihan, pencemaran sungai akibat limbah, termasuk meningkatnya jumlah perokok usia remaja menyumbang pada penurunan kualitas alam. “Power of Green” adalah sebuah gerakan moral, kampanye, mengajak masyarakat untuk menjaga lingkungan dengan membuang sampah pada tempatnya, mengurangi penggunaan plastik, tak mengonsumsi tembakau, dan melakukan penanaman seribu pohon di berbagai titik, seperti Cikapundung dan Punclut. Ck.. ck.. sungguh mulia🙂

Maharani, MC acara Power of Green

Di stand POG, panitia mengajak masyarakat yang berada di CFD untuk menandatangani spanduk “Hari Tanpa Tembakau”, maksudnya sudah jelas mengajak masyarakat hidup sehat tanpa asap rokok. Pengunjung CFD di stand POG tampak antusias menandatangani spanduk itu.

Seorang pengunjung Car Free Day sedang menandatangani spanduk "Gerakan Anti Tembakau"

Metro TV juga turut meliput acara “Hari Tanpa Tembakau” ini. Nggak percaya? Boleh di klik di tautan berita Metro TV ini. Atau mau nonton videonya? Meski hanya sekilas publisitasnya lumayan deh🙂

Acara POG semakin marak dengan penampilan perkusi dari SMAN 22 Bandung, yakni “Percutwo”.


Ck.. ck.. Ternyata personil “Percutwo” yang hadir pagi hari itu cewek semua. Cewek kreatif asal SMAN 22. Two Thumbs Up..🙂 Ada penampakan XL juga di picture? Yup, coz XL turut peduli pada lingkungan hingga mau menjadi sponsor acara sosial ini.

Makin pagi (atau makin siang ya? :)) acara makin semarak. Pengunjung semakin berjubel tatkala POG menampilkan kebolehan siswa/i sebuah SLB di Cimahi. Siswa SLB yang tunarungu, Dea, menampilkan sebuah pantomim. Indri, siswa tunanetra bersuara emas, mempersembahkan sebuah lagu dangdut dan pop yang diiringi alunan organ Rendy, siswa yang juga tunanetra. Siswa SLB yang terakhir, sebut saja Ariel (lupa namanya :D) menyanyikan sebuah lagu dari Peter Pan. Lagu yang sangat digandrungi masyarakat Bandung namun jarang didengarkan lagi karena vokalis band fenomenal itu  sedang dirundung bermasalah.

Dea, siswa tunarungu sedang pantomim

Indri (baju merah) dan Derry (baju biru) menyemarakkan CFD dengan lagu

Ariel yang juga tunarungu tengah menyanyikan lagu Peter Pan

Pengunjung memadati area POG

Siswa SLB yang tampil ini adalah pemenang lomba antar siswa berkebutuhan khusus di Kota Cimahi. Mereka, tunarungu dan tunanetra, atau siapapun, ternyata memiliki bakat dan kelebihan yang belum tentu dimiliki oleh orang lainnya.

Bagaimana kelanjutan acara POG pagi tadi? Tunggu ulasan selanjutnya di blog ini. Saya nahan kantuk dan lapar sejak siang nih, maklum kalo lagi nulis suka kagok..🙂 Sekarang kita istirahat dulu.. Ah… Zzzz… 🙂

Tentang M.E. Fuady

ME. Fuady adalah dosen Fikom Unisba. Penulis memiliki minat pada banyak hal seperti makanan, tempat kuliner, komik, film, musik, dorama, tokusatsu, ilmu komunikasi, public relations, teknologi komunikasi, agama, mistik, supranatural, dan semuanya berbaur dalam blog IMULTIDIMENSI.
Pos ini dipublikasikan di Sosial Politik. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s