Ulasan Hasil UAS Komunikasi Politik

Ada yang mengecewakan saat menerima tugas UAS Komunikasi Politik dari mahasiswa. Apa pasal? 95% mahasiswa kompol tak tahu bagaimana “mengemas ” sebuah produk, karya dan konten. CD yang saya terima hampir semuanya “bugil”, hampir semuanya telanjang atau transparan. Maksudnya?? CD tugas Kompol yang dikumpulkan hanya dibungkus plastik saja, tak mengenakan kotak CD, dan tak disertai cover. Tulisan nama dan NPM hanya ditulis pada secarik kertas atau pada bagian CD dengan spidol hitam.

“Don`t judge a book by it`s cover”, pak..!! Iya kalo kontennya juga dikemas. Kalo ternyata isinya juga tak dikemas dengan baik bagaimana..? Banyak karya dengan konten yang dikemas seadanya, sekedar wawancara tanpa ada pengantar dan ulasan masalah di awal dan akhir video. Bahkan judul/tema aspek sosial yang diangkat pun tak ada dalam video.

Contoh kongkret, ada beberapa orang mahasiswa mengangkat tema yang sama, “Kerusakan jalan Braga”. Narasumber yang diwawancarai orangnya sama, itu-itu saja. Sudut pengambilan gambar juga sama, para tukang yang sedang mengaduk semen/memperbaiki jalan yang berlanjut pada wawancara yang hanya satu atau dua orang tanpa ada wawancara dengan public atentif dan publik kepemimpinan seperti yang telah ditetapkan. Padahal selain memunculkan pendapat masyarakat luas, wawancarai pihak akademisi, treknokrat, birokrat, aparat yang berwenang untuk menyajikan sudut pandang yang beragam. Bisa digali pula data-data dan kritik di media massa terhadap kerusakan jalan Braga.

Isu atau tema lainnya, misal “Perparkiran Liar di Kampus” atau “PKL di Kampus”. Masalah yang diangkat menjadi sangat personal, bukan sosial, dan dangkal bila yang diangkat hanya kampus sendiri. Padahal masalah ini juga dialami banyak kampus lainnya. Wawancara yang dilakukan hanya dengan pihak pengguna lahan parkir saja, tak menggali lebih dalam dengan mewawancarai publik atentif dan kepemimpinan seperti yang telah disyaratkan. Seolah-olah mencari cara mudah untuk mengerjakan tugas. Sekali lagi, cara yang positif adalah menggali lebih luas dan dalam masalah tersebut di kampus lainnya, seperti yang dilakukan oleh seorang mahasiswa. Tema sama, tapi menyajikan fakta dari banyak sisi.

Ada lagi tiga tema yang lebih mengecewakan, yakni anda yang hanya membuat dokumentasi saja. Tak jelas masalah apa yang diangkat. Seperti bagian dokumentasi dalam sebuah event atau mengangkat profil. Komentar yang diminta pada narasumber pun hanya tempelan. Tak ada masalah sosial kemasyarakatan yang penting diketahui publik.

Dengan kemasan seperti di atas, Seolah tugas UAS Kompol hanya sekedar formalitas. Herman sekali.. Apa enggak dibaca aturan pembuatan tugas yang sudah disampaikan di kelas dan blog.. Di blog ini sudah tertera dengan jelas seperti apa..

Meski begitu ada pula beberapa mahasiswa yang menggali cukup dalam masalah sosial  yang diangkat. Ada yang menginap di rumah singgah/rumah belajar untuk anak jalanan, menyertai masalah dengan ulasan, mereportase dari lapangan, bahkan ada pula yang mengangkat tema yang sangat berkaitan erat dengan kompol (bukan sekedar tema sosial kemasyarakatan).  Info tema tugas dimunculkan di awal tayangan. Narasumber yang diminta bervariasi. Identitas narasumber juga cukup lengkap. Konten disajikan dari sudut pandang masing-masing publik.

Akhir kata, pandai-pandailah mengemas produk, karya, dan konten. Sebagai orang komunikasi, pahami  “WHAT TO SAY” dan “HOW TO SAY”, bagaimana  membuat sesuatu  menjadi lebih bernilai.  Yang penting bukan hanya isi atau substansi, kemasan juga perlu dipertimbangkan.

Belajarlah dari pengalaman.. Semoga sukses.. Amin..

Tentang M.E. Fuady

ME. Fuady adalah dosen Fikom Unisba. Penulis memiliki minat pada banyak hal seperti makanan, tempat kuliner, komik, film, musik, dorama, tokusatsu, ilmu komunikasi, public relations, teknologi komunikasi, agama, mistik, supranatural, dan semuanya berbaur dalam blog IMULTIDIMENSI.
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

3 Balasan ke Ulasan Hasil UAS Komunikasi Politik

  1. chancebook berkata:

    Ass, ikut komentar pak .. hhe
    Mantab pak, jarang2 ada dosen yg ngulas hasil UAS, semoga smkin bnyak ya pak yg ngikutin jejak bapak ..🙂
    Maaf pak saya tidak mngumpulkan tugas UAS .. hheu

    • M.E. Fuady berkata:

      Tadinya mo di upload juga dengan hasil UAS per orang secara rinci.. Tapi ntar yang nilainya jelek ga enak hati..🙂 Jadi secara personal aja kalo mo tahu rinci…
      BTW, tugas UAS nggak dikumpulkan atau nggak dikerjakan nih..? 🙂

  2. chancebook berkata:

    Mantab pak, lanjutkan ..🙂
    Aduhh, dikerjakan dong pak, cm kmren sy dpt musibah, kompi saya kena virus dan semua menghilang, termasuk tgas UAS lainnya.😥
    SP saya ambil lagi kom.pol pak, semoga ktmu lagi.. dan saya bs lulus, aminn ..😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s