Ulasan Tugas Majalah WPR (1)

Terlebih dahulu saya sampaikan selamat pada mahasiswa yang telah melewati masa-masa ‘indah’ dan ‘menyenangkan’ dalam proses pembuatan majalah dari awal hingga akhir :)  Saya sangat mengapresiasi anda yang hunting, wawancara, menulis dan melayout majalah dengan baik.

Tugas yang sama- majalah- namun tema berbeda karena peminatan yang berbeda, dan tentunya akan membuat hasil akhir pun berbeda. Why? Ini dipengaruhi kemauan, kesungguhan, kecermatan, ketelitian, ketelatenan,  dan KREATIFITAS. Itu membuat karya mahasiswa memiliki hasil akhir secara fisik (majalah) berbeda.

Hasil akhir majalah saya ulas di sini.

1. ‘Muringkak”

Saya puas dengan majalahnya. Setiap tulisan sudah dimuat utuh/tidak terpenggal tapi masih harus mempertimbangkan kaidah penulisan. Sebaiknya layout tulisan di setiap halaman dibuat dalam bentuk kolom (2-3). Pilihan ukuran dan jenis huruf tentunya harus sama (Yang berbeda adalah huruf pada judul atau antara berita dengan advertorial/iklan). Pilihan huruf yang lebih mengena pada tema dan karakter majalah ini ada pada halaman tujuh. Pilihan warna dominan hitam pada majalah sudah relevan dengan tema majalah.

Untuk majalah berikutnya (edisi 2), jangan di printing. Kalian buat edisi 1 dan 2 dalam bentuk blog di wordpress. Nanti saya buat akun http://muringkak.wordpress.com.  Konten apapun,  asalkan bertema misteri, mistik, supranatural dan spiritual, bisa ditulis di dalamnya. Kategori tulisannya sudah saya bisa rencanakan apa aja (Nanti aja, ntar ada yang ambil ide. Ide khan mahal.. :D). Adminnya kita. Nanti saya ikut sebagai supervisi dan editornya. Ini project yang nggak menyita waktu. Progress tulisan bisa kapan aja. Sebagai langkah awal nanti saya buat ulasan tentang hasil hunting kalian.

2. K-MAGZ

All about Korean Music, Lifestyle, Culture & Education

Cover & layoutnya keren. Warna cerah dan terang pada cover dan halaman sesuai dengan tema (Korean Music, Lifestyle, Culture & Education) yang dipilih dan segmen pembaca. Layout pada halaman 1, 3, 10, 13, 19 dan 20 lebih oke dibanding halaman lain. Itu layout yang tepat untuk majalah. Pilihan jenis huruf dan ukuran seharusnya seperti pada halaman 13. Isu COLLEGE bagus banget. Alangkah lebih baik cara penulisannya secara teknis memperhatikan lebih detil kaidah sebuah berita/berita profil.  Sebaiknya perhatikan pula untuk menulis sesuai dengan EYD di beberapa halaman tertentu.

Untuk bonus majalah, posternya keren. Tapi sebaiknya bonus majalah ini berupa DVD Music Video/all about Korea dibandingkan poster mengingat itu bisa meminimalisir cost.

Majalah lainnya diulas belakangan ya. Sekarang lagi sempit waktunya. Insya Allah siang hari ini di sela-sela ngawas ujian deh..😀

Tentang M.E. Fuady

ME. Fuady adalah dosen Fikom Unisba. Penulis memiliki minat pada banyak hal seperti makanan, tempat kuliner, komik, film, musik, dorama, tokusatsu, ilmu komunikasi, public relations, teknologi komunikasi, agama, mistik, supranatural, dan semuanya berbaur dalam blog IMULTIDIMENSI.
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Writing for PR. Tandai permalink.

3 Balasan ke Ulasan Tugas Majalah WPR (1)

  1. kokorival berkata:

    Kemarin jg saya liat beberapa majalah temen – temen dan memang keren pak majalah nya, ide bagus pak ngembangin tugas majalah ini dalam bentuk blog biar hemat biaya hehe😀

    • M.E. Fuady berkata:

      Kalau tuk tugas matkul sih tetep di print.. Biar murah, sebenernya hasil akhir majalah harus diakali dengan kreatifitas, jd bisa ditekan biayanya..
      Yang dibuat jd blog itu untuk majalah “Muringkak” edisi 2, coz ada kelompok “Muringkak” mau bikin edisi 2 dengan printout.. Karena bukan untuk kebutuhan tugas lg, dikembangkannya jadi blog aja.. Biar nggak keluar biaya lg..:) Dan ke depannya direncanakan jadi blog bersama yang mengulas mistik, misteri, supranaturan dan mistiaisme..

      Tuk blog di antara mhsw PR, nanti kita ketemu di PR on The Net..🙂

  2. Ping balik: Ulasan Tugas Majalah WPR (2) | imultidimensi's Blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s