Mimpi : Metode Prediksi dan Pengambilan Keputusan

Beberapa hari sebelum istri saya hamil atau barangkali sebelum kami tahu kalau istri sedang hamil, saya bermimpi istri saya berbicara, “Pih..”, katanya. “Kenapa, Mih”, tanya saya.. (Keren pisan jiga konglomerat manggil na papih dan papih :D). “Pih, Zidane bilang dia mo motong kambing seekor”, tutur istri saya dalam mimpi. Saat terbangun saya terheran-heran kenapa bisa mimpi seperti itu. Kemudian begitu tahu istri hamil, mimpi itu saya takwilkan sebagai petunjuk Allah bahwa insya Allah anak yang lahir adalah perempuan. Mengapa..? Dalam Islam, aqiqah untuk anak perempuan di antaranya memotong kambing/domba seekor. Bagi anak laki-laki, menyembelih kambing dua ekor. Itu sunnah.

Hari berganti hari, bulan berganti bulan, tibalah pada bulan keenam istri saya hamil. Suatu malam, saya bermimpi melihat seekor ular dalam posisi terlentang tak berdaya, ularnya berwarna putih/boleh jadi bagian tubuh bawah ular yang terlihat putih.  Ukurannya biasa saja, tidak besar. Di depan/pinggir ular putih itu ada sebuah kotak/peti, seperti kotak harta karun. Lalu kotak itu dibuka (entah oleh siapa), di dalamnya ada seekor ular berwarna putih dengan ukuran lebih kecil. Seperti ular yang di luar kotak, ular yang kedua ini juga tampak tidak berdaya. Lalu terlihatlah seseorang mengangkat dan mengeluarkan ular putih ukuran kecil itu dari dalam kotak.

Mimpi yang kedua itu tidak saya ceritakan pada istri. Saya menyimpannya saja. Why..? Kalau diinterpretasikan, boleh jadi itu adalah prediksi kalau istri akan melahirkan anak melalui operasi caesar, seperti anak kami yang pertama, sementara kami ingin melahirkan normal. Bila ditakwil, ular putih ukuran kecil adalah bayi, yang lebih besar sedikit adalah ibunya. Bila ular itu berwarna putih, bisa ditakwil sebagai gambaran/simbol dari orang yang dikenal sangat dekat/keluarga/perempuan (berbeda dengan takwil untuk ular berwarna hitam yang bisa diartikan sebagai lawan/musuh). Kotak itu bisa ditakwilkan sebagai kandungan/rahim. Saat kotak dibuka, itu berarti cara melahirkannya dengan dibuka bagian perut (caesar). Mengapa terlihat tak berdaya..? Saat operasi, mana ada pasien yang loncat-loncat kegirangan, pasti semua pasien cuma bisa diam tak berdaya alias pasrah..😀

Kata Rasululllah, mimpi itu seperti berada pada sayap burung. Bila ia mengepakkan sayapnya saat terbang, mimpi itu jatuh. Maksud dari jatuh itu berarti terwujud. Jadi bila diceritakan pada orang, maka mimpi akan menjadi nyata. Makanya Rasulullah melarang umatnya menceritakan mimpi tertentu, seperti mimpi yang jelek. Dan kembali pada mimpi saya tadi, saya simpan rapat-rapat selama sekian bulan karena berencana melahirkan secara normal, jangan-jangan kalau diceritakan malah akandi caesar. Ternyata pada akhirnya, beberapa jam sebelum kami memutuskan untuk caesar, saya  harus ceritakan perihal mimpi yang hadir beberapa bulan lalu.

Mengapa akhirnya caesar..? Saat menunggu hari-H, frekuensi kontraksi malah terasa berkurang. Dan kemungkinan bila tidak ada rasa mulas sama sekali, mau atau tidak ya akan caesar. Bagi ibu hamil yang pernah melahirkan caesar, bila tak ada mulas, ia tak bisa diinduksi. Itu terlalu beresiko. Memang, anak pertama kami lahir melalui caesar, jadi kemungkinan akan caesar lagi meski dokter bilang tunggu aja satu atau dua hari, akan dicoba cara normal.  Eh, ternyata akhirnya memang caesar. Dua jam sebelum pergi ke RS Ibu Anak Humana Prima, Jl. Ranca Bolang, depan Griya, belakang Ampera Jl. Soekarno Hatta Bandung (*meni promo nya), saya ceritakan pada istri perihal mimpi dan kemungkinan caesar. Mungkin itu petunjuk dari yang Maha Pemberi Petunjuk kelak akan terjadi hal itu.

Saat memilih akan melahirkan dimana; RS rujukan tempat kerja, RSIA Harapan Bunda-nya dr. Bambang (alm) yang dekat rumah, atau RSIA Humana Prima yang juga dekat rumah, kami juga bingung. H-1 di caesar, dokter di RS tertentu menyarankan caesar karena katanya cairan yang keluar adalah ketuban (*istri memang kontrol tuk menge-cek apakah cairan yang keluar ketuban/bukan). Namun dokter tak menggunakan kertas lakmus untuk mengeceknya. Jadi istri tak yakin itu ketuban. Untuk second opinion, istri mengunjungi dokter di RS Humana Prima, ternyata setelah di cek, air ketuban cukup, detak jantung bayi normal, dan cairan itu bukan ketuban. Bahkan sudah ada bukaan satu pula katanya.

Malam harinya/Kamis dini hari, ada mimpi unik yang awalnya menurut saya mimpi biasa saja alias bunga tidur. Saya bermimpi ada di sekitar kolam alam berukuran besar tak berair alias kering, Ada seekor tapir sedang makan di sisi kolam. Lalu ada salah seorang kawan, doktor bidang komunikasi, mengajak tapir itu ke tengah kolam. Tapir itu kemudian mendekat ke tengah kolam. (*Rasanya ada anak kecil/bayi tertidur di tengah kolam kering itu). Di pinggir kolam ada kuda nil yang sedang menunggu kolam itu terisi air.

Awalnya saya menganggap mimpi itu tak ada kaitannya dengan kehamilan/persalinan tapi kemudian saya maknai kolam itu kandungan, kering itu kesulitan, dan tapir itu adalah tempat atau dokter yang harus kami tentukan untuk caesar. Kenapa tapir itu dipersonifikasikan sebagai sosok/pilihan dokter..? Tapir adalah hewan dengan warna badan hitam putih. Kebetulan dokter di RSIA Humana Prima, dr. Yoga S. Pog, beragama Hindu. Warna hitam dan putih adalah warna yang punya makna khusus bagi mereka yang beragama Hindu. Hitam dan putih adalah simbol keselarasan dalam kehidupan manusia.  Jadi, saya maknai bahwa mimpi itu sebagai petunjuk memilih tempat persalinan/dokter dengan jalan caesar.

Kamis, 17 Mei 2012, pukul 12.05 lahir anak hawa di bumi Allah. Insya Allah namanya Chelsya Kayla Maylaffaiza. Jenis kelamin perempuan. Lahir melalui operasi caesar. Panjangnya 51 cm. Beratnya 3,1 kg. Dokter yang menangani adalah dr. Yoga. Seperti yang sudah diulas di awal, itu seperti yang ditunjukan saat lelap, lewat mimpi. Mimpi aneh dan unik yang semoga berasal dari Allah, Ya ‘Aliimul Ghaibi wa as-Syahadati Huwa ar-Rahmaan ar-Rahiim.

Mimpi memang sangat simbolik. Menggunakan mimpi sebagai metode pengambilan keputusan juga tak lazim dilakukan banyak orang. Biasanya tradisi seperti itu dilakukan di kalangan tertentu saja, seperti Nahdliyin, pelaku mistisisme/tasawuf, atau bagi mereka yang memiliki ketertarikan pada misteri mimpi dan maknanya.

Mimpi memang misteri tapi bila menganggap itu sebagai petunjuk Tuhan, lalu menjadikannya sebagai prediksi atau cara pengambilan keputusan, itu silakan saja asalkan yakin bahwa mimpi itu bukan sekedar bunga tidur, mimpinya benar, baik dan tidak di takwil sembarangan. Mimpi itu insya Allah benar bila jelas digambarkan meski sangat simbolik. Mimpi sebagai petunjuk biasanya sangat diingat baik peristiwa dan detailnya. Bila digali dengan cara khusus seperti istikharah dan berwudhu sebelum tidur, itu lebih baik. Mimpi itu baik jika memang mengarahkan orang pada perbuatan baik, tidak bertentangan dengan norma dan agama. Tidak ditakwil sembarangan, artinya penakwil harus orang  yang memang memahami maknanya. Rasulullah melarang kita menceritakan mimpi kepada orang lain bila mimpi itu adalah mimpi jelek dan orang tersebut bukanlah orang yang memahami makna mimpi.

Bila memahami simbol dan pola dalam mimpi, insya Allah mimpi dapat menjadi prediksi atas fenomena dan cara mengambil keputusan. Mimpi dapat membantu kita memprediksi fenomena yang akan terjadi dan mengambil keputusan-keputusan penting dalam hidup. Cobalah dengan mendekat pada Tuhan, istikharah dan berwudhu sebelum tidur.

Jadi, selamat bermimpi dan cobalah menakwilkan simbol-simbol yang hadir dalam mimpi kita dengan hati-hati.  🙂

Tentang M.E. Fuady

ME. Fuady adalah dosen Fikom Unisba. Penulis memiliki minat pada banyak hal seperti makanan, tempat kuliner, komik, film, musik, dorama, tokusatsu, ilmu komunikasi, public relations, teknologi komunikasi, agama, mistik, supranatural, dan semuanya berbaur dalam blog IMULTIDIMENSI.
Pos ini dipublikasikan di Islam, Mistisisme. Tandai permalink.

10 Balasan ke Mimpi : Metode Prediksi dan Pengambilan Keputusan

  1. Sigit berkata:

    Takwil simbolik mimpi yang luar biasa.. penerjemahnya pun lebih luar biasa.. pengetahuan tentang perjalanan kehidupan yg mumpuni.. bertambah kemampuan atas suatu ilmu yang luar biasa..🙂

  2. enny berkata:

    salam…
    Saya mau dibantu menerjemahkan mimpi yg saya alami berulang2..
    Sblm menikah saya srg bermimpi malu gt di dpn umum..trnyta kenyataanya stlg menikah suami berbhng ats pkrjaan,slma pcran dia ngaku PNS trnyta bukan..selain itu byk kebohongan2 suami slma pacaran yg saya ungkap stlh merit…kami menikah september 2012…
    Kmudian skrg saya sering mimpi menuju suatu tempat tp tersesat/bingung di jalan..kmudian mimpi yg laen melihat ular hitam besar motif bgus di dpan saya tp dibunuh oleh om saya..trus kemarin malam saya mimpi membeli kalung tp g tau knpa berubh jd gelang emas dan saya pakai ditangan…apakah smua itu bisa dbntu menafsirkan? Saya mempunyai rencana untuk bercerai..
    Mksh byk atas bntuanya..

    • M.E. Fuady berkata:

      Mba Angie, saya mo tanya orang tuanya masih ada/sudah meninggal..?

      Mimpi tersesat, barangkali sedang dalam kondisi bingung dalam mengambil keputusan.. Mungkin Paman/Om bisa diminta sarannya dalam permasalahan yang sedang dihadapi..

      Mimpi mengenakan perhiasan emas dalam mimpi biasanya ditakwilkan akan mendapatkan warisan.. Memakai gelang emas ditakwilkan menikahi orang yang tidak sesuai..

      Meski demikian, keputusan berpisah dengan suami dipikirkan secara matang dan seksama. Istikharah beberapa malam untuk dimantapkan langkah terbaik yang ditunjukkan Allah..

      Wallahu’alam

  3. M.E. Fuady berkata:

    Jawabannya nanti sy kirim via email ya…

  4. enny berkata:

    mksh mas atas jawaban sblmnya…kedua orang tua saya msh hidup mas…oya mau tanya lagi saya dan ibu mimpi halaman rumah tergenang banjir kmudian surut airnya..apakah makna mimpi tsb ada hubungan dg rencana perceraian saya ya mas?mksh byk sebelumnya..

    • M.E. Fuady berkata:

      Kalo orang tua masih hidup, mungkin mimpi yang sebelumnya itu berkaitan dengan harta suami & istri, bukan warisan.. Maknanya boleh jadi tak selalu harta warisan, tapi kejelasan hak milik suami /istri bila memang tak bisa bersama lagi.. Mengenai rumah tergenang banjir, nanti saya sambung lagi..

      • enny berkata:

        yang tergenang banjir hanya halaman mas..

      • M.E. Fuady berkata:

        Mimpi melawan/mencegah banjir masuk ke dalam rumah, bisa di takwil melawan orang yang memusuhi untuk melindungi keluarga dan harta benda.. Bisa juga ditakwil sebagai perdamaian dengan musuh..

        Rumah orang kebanjiran (masuk ke dalam rumah), dan ada manfaat dari airnya untuk pertanian, melambangkan tahun yang makmur, atau perbuatan masa lalu yang akan membawa keuntungan di kemudian hari.

        Banjir dalam mimpi bisa juga melambangkan kebohongan, kemunafikan, membuang-buang pembicaraan, atau bisa berarti juga dusta.

        Saya pribadi pernah bermimpi ada hujan deras dan banjir di rumah orang tua, meski tidak masuk ke dalam rumah tetapi bagian atap (pavilliun) terbawa arus. Sampai saya kejar dan mencarinya. Saya takwilkan itu sebagai keharusan menolong orang tua saya dari kepentingan segelintir orang. Saat itu ayah saya sedang sekolah, beliau minta tolong kawannya untuk membantu penelitian lapangan. Sudah diberi dana tapi temannya tak membantu sama sekali, bahkan cuek aja. Saat itulah kemudian saya membantu ayah saya hingga penelitiannya dapat dituntaskan dan sekolahnya S3-nya beres.

        Mudah2an takwil di atas bisa membantu..

      • enny berkata:

        mas,maaf saya mau tanya tentang mimpi lagi,,hehehe…sdah 3x saya bermimpi saya mau ujian salah satu pelajaran sekolah,,tetapi saya bingung materi apa saja yg harus saya pelajari untuk ujian karena materi tidak terangkum dengan jelas dan lengkap dibuku pelajaran yang saya buka…gambaran mimpi saya spt ini mas: besok saya mau ujian semester dan disuruh belajar..nah pas belajar dan buka2 buku bingung kok bab2 materi untuk semester tsb tidak jelas apa saja dan tidak lengkap..jadi saya bingung mas mau belajar…intinya saya kebingungan menghadapi persiapan ujian tsb,semacam rasa panik gt..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s