Soal UAS Komunikasi Politik

  1. Erdogan-prstDalam banyak peristiwa seperti peperangan, invasi, konflik, dan kudeta, media selalu memiliki peranan penting untuk memenangkan kekuasaan. Upaya kudeta PKI di Indonesia, penyerangan AS dan sekutu ke Irak, dan terakhir percobaan kudeta terhadap Presiden Erdogen di Turki Juli ini misalnya, media memegang peranan besar dalam perebutan dan penggagalan upaya perebutan kekuasaan.  Jelaskan secara rinci, bagaimana media konvensional dan kontemporer berperan dalam tiga peristiwa di atas. Anda jelaskan secara mendalam.
  2. Terdapat relasi antara bahasa dan kekuasaan. Kekuasaan selanjutnya turut menentukan praktik  penggunaan bahasa, jargon dan idiom-idiomnya. Jelaskan bagaimana relasi di antara keduanya, praktik penggunaannya, sekaligus anda jelaskan pula mengenai distorsi bahasa, dan kesalahan-kesalahan berpikir dalam bahasa politik.

Jawaban dikumpulkan pada Senin, 1 Agustus pukul 10.00 di ruang Humas (sebelah operator). Jawaban dilengkapi sumber acuan berupa buku (minimal 4 buah) sebagai sumber utama. Koran, majalah, dan internet hanya menjadi acuan tambahan yang memperkuat penjelasan Anda. Perhatikan cara pengutipan, dan tuliskan daftar pustaka Tidak ada nilai apapun bagi mahasiswa yang plagiat baik kepada kawan maupun copy paste dari sumber manapun.

Tidak perlu dijilid.

Terima Kasih.

 

Tentang M.E. Fuady

ME. Fuady adalah dosen Fikom Unisba. Penulis memiliki minat pada banyak hal seperti makanan, tempat kuliner, komik, film, musik, dorama, tokusatsu, ilmu komunikasi, public relations, teknologi komunikasi, agama, mistik, supranatural, dan semuanya berbaur dalam blog IMULTIDIMENSI.
Pos ini dipublikasikan di Komunikasi Politik. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s